comscore

Wadanjen Kopassus Tri Budi Utomo Siap Pegang Komando Paspampres

Candra Yuri Nuralam - 06 Agustus 2021 08:20 WIB
Wadanjen Kopassus Tri Budi Utomo Siap Pegang Komando Paspampres
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Brigadir Jenderal (Brigjen) Tri Budi Utomo ditunjuk menjadi komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tri memastikan siap menjalani peran baru tersebut.

"Kami sudah siap melaksanakan tugas yang diamanatkan kepada kami dengan sebaik-baiknya," kata Tri melalui keterangan tertulis, Jumat, 6 Agustus 2021.
Tri mengaku saat ini masih bertugas di Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi di Papua. Dia bertindak sebagai kepala operasi Nemangkawi TNI. 

Panglima TNI Masekal Hadi Tjahjanto mempromosikan Tri sebagai komandan Paspampres. Mutasi jabatan itu tertuang dalam Kep/684/VIII/2021 tertanggal 2 Agustus 2021. Promosi ini sekaligus membuat Tri naik pangkat, dari bintang satu menjadi bintang dua (mayor jenderal). 

Baca: Garuda Shield 2021 Jadi Latihan Perang Terbesar Dalam Sejarah TNI AD

Tri merupakan lulusan Akademi Militer 1994 dari kecabangan infanteri. Perjalanan kariernya di militer banyak dihabiskan di Korps Baret Merah, salah satunya sebagai komandan Batalyon 811/Aksus Sat-81 Kopassus pada 2011—2012.

Paspampres bukan lingkungan asing bagi Tri. Dia sempat ditugaskan sebagai komandan Grup A Paspampres pada 2018—2019. Grup A Paspampres bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat terhadap presiden beserta keluarganya.

Di dalam negeri, Tri turut terlibat dalam beberapa operasi. Dia terjun dalam Operasi Timor-Timur (1998), Operasi Irian Jaya (2001), dan Operasi Aceh (2004).

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id