comscore

Lebih Dari 5 Negara Bantu Indonesia Perangi Covid-19

MetroTV - 10 Juli 2021 16:00 WIB
Lebih Dari 5 Negara Bantu Indonesia Perangi Covid-19
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Medcom/Fajar Nugraha
Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebutkan beberapa negara telah berkomitmen untuk saling bantu dalam penanganan covid-19. Retno menyampaikan kerja sama ini sebagai bentuk solidaritas bilateral dan multilateral Indonesia dengan negara tetangga.

"Kita telah mendapatkan tawaran dari berbagai negara sahabat untuk membantu Indonesia. Kemarin sudah tiba, ventilator, oksigen silinder (oksigen) dari Singapura dan kita juga sudah membeli konsentrator oksigen dari Singapura," ujar Retno, Sabtu, 10 Juli 2021.
Tengah malam kemarin juga telah tiba seribu ventilator dari Australia. Rencananya, beberapa saat lagi Australia akan membantu dalam bentuk dukungan lain, salah satunya adalah bantuan vaksin.

Selain Australia, Amerika Serikat dan Jepang juga telah mengirimkan bantuan dosis vaksin. Vaksin dari Amerika Serikat kemungkinan akan tiba besok, sementara bantuan Jepang sejak bulan lalu telah mengirimkan 1 juta vaksin Astra Zeneca.

Selain negara-negara di atas, beberapa negara juga telah berkoordinasi untuk membantu penanganan pandemi di Indonesia.  Di antaranya Amerika Serikat, Inggris, India, Uni Emirat Arab, dan Korea Selatan. Bantuan ini hasil dari diploamasi bilateral dan multilateral antarnegara.

"Fokus (bentuk bantuannya) sekarang lebih kepada neuropatik dan vaksinnya. Selain itu, isu terhadap silinder (oksigen) ini juga jadi perhatian tersendiri dalam diskusi diploamasi kerjasama antar negara," imbuh Retno. (Mentari Puspadini)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id