Populer Nasional: Gugatan Terkait BRIN Hingga Lonjakan Covid-19 Akhir Tahun

    Yogi Bayu Aji - 22 September 2021 05:11 WIB
    Populer Nasional: Gugatan Terkait BRIN Hingga Lonjakan Covid-19 Akhir Tahun
    Suasana di depan Gedung Mahkamah Konstitusi. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla



    Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana uji materi Pasal 48 Ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek). Pasal ini terkait peleburan lembaga penelitian dan pengembangan ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).
     
    Pada persidangan pendahuluan, Majelis Hakim MK memberikan sejumlah catatan untuk penyempurnaan permohonan. Hal ini diperlukan sebelum perkara nomor 46/PUU-XIX/2021 itu masuk ke agenda pemeriksaan atau pembuktian.
     
    "Objek yang dimohonkan pengujian itu harus clear jangan sampai nanti dibilang kabur lagi kan enggak enak juga," kata Ketua Majelis Hakim MK Enny Nurbaningsih saat persidangan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa, 21 September 2021.

    Enny menerangkan pemohon mesti mempertegas pasal yang dipersoalkan ialah Pasal 48. Hal ini lantaran pasal tersebut telah diubah ke Pasal 121 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

     



    Baca: Peleburan Lembaga Iptek ke BRIN Digugat ke MK

    Artikel terkait gugatan UU Sisnas Iptek menjadi berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id. Berita lain yang mendapatkan perhatian pembaca, yakni soal watermark pada kartu tanda penduduk (KTP).

    Salah satu cara menghindari pencurian dan penyalahgunaan data pribadi ialah memberi watermark pada foto KTP elektronik ketika verifikasi data pengguna. Cara ini bisa dilakukan secara digital maupun manual.
     
    Dikutip dari akun Instagram @indonesiabaik.id, terdapat cara memberi watermark yang jempolan. Cara ini disebut membuat oknum tidak bertanggung jawab kesusahan diedit kembali.
     
    “Ada cara untuk membuat watermark yang lebih advanced dan mungkin lebih susah diotak-atik sama oknum tidak bertanggung jawab,” tulis @indonesiabaik.id, seperti dikutip Medcom.id, Selasa, 21 September 2021.

    Pembaca Medcom.id juga banyak menyimak informasi soal covid-19. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mewanti-wanti lonjakan kasus covid-19 pada libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. 

    "Dalam tiga bulan ke depan kita akan kembali memasuki periode Libur Natal dan Tahun Baru 2022 yang artinya potensi kenaikan kasus semakin meningkat," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui konferensi pers virtual, Selasa, 21 September 2021.
     
    Wiku mengatakan pola kenaikan kasus kerap terjadi pada rentang waktu tiga bulan. Indonesia sejatinya baru melewati lonjakan kasus covid-19 yang pada Juli 2021.

    Berita terkait uji materi UU Sisnas Iptek hingga covid-19 masih terus diperbarui. Klik di sini untuk mendapatkan berita terbaru dari Kanal Nasional Medcom.id.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id