Sepeda Motor Listrik Akan Diuji Coba di Bandung

    Damar Iradat - 29 Agustus 2019 06:27 WIB
    Sepeda Motor Listrik Akan Diuji Coba di Bandung
    Ilustrasi motor listrik. Foto:ANT/Iqbal



    Jakarta: Sepeda motor listrik dengan sistem berbahan bakar baterai akan diuji coba di Bandung, Jawa Barat. Motor listrik ini merupakan hasil kerja sama New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO), Panasonic, dan Honda.

    "Percontohannya di Bandung. Jakarta belum, sesudah studi ini selesai dalam waktu tiga sampai empat bulan. Bandung segera," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.






    Airlangga mengatakan, jika uji coba di Bandung berhasil, selanjutnya akan dilaksanakan di Jakarta dan Bali. Penggunaan motor listrik ini diharapkan dapat mengurangi polusi udara.

    Ia menjelaskan, kerja sama dalam pembuatan motor listrik itu di antaranya, Panasonic yang memproduksi baterai swap. Sementara, Honda menyediakan motor listrik jenis PCX.

    Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, uji coba motor listrik dengan sistem ganti baterai di Bandung ini akan memakai sistem sewa. Motor listrik akan disewakan dengan harga per bulannya sekitar Rp2 juta. 

    Motor listrik yang awalnya disewa itu, kemudian bisa dibeli setelah dua tahun. Para pembeli nantinya akan mendapatkan dua unit baterai, satu baterai untuk cadangan.

    "Jadi nanti motor itu begitu beli, dia punya dua set baterai. Satu dituker-tuker seperti galon LPG," ungkap dia.

    Pihaknya juga sudah meluncurkan motor listrik itu kemarin. Peluncuran motor listrik ini juga sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo.


    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id