Pengungsi Asal Wamena Diminta Memeriksakan Kesehatan

    Kautsar Widya Prabowo - 07 Oktober 2019 06:59 WIB
    Pengungsi Asal Wamena Diminta Memeriksakan Kesehatan
    KM Ciremai mengangkut puluhan pengungsi asal Wamena tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu, 6 Oktober 2019 malam. Foto: Antara/ Hanif Nashrullah
    Surabaya: Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya memberi perhatian khusus pada pengungsi asal Wamena, Papua. Mereka yang baru tiba di Surabaya itu diminta memeriksakan kesehatanya, karena dikhwatirkan pengungsi terjangkit penyakit malaria.

    "Jangan sampai mereka terjangkit malaria," ujar Kepala Bidang Karantina dan Surveilans KKP I Surabaya Budi Santosa, seperti dilansir Antara, Senin, 7 Oktober 2019.

    Menurutnya, Papua merupakan daerah endemis penyakit malaria, sehingga ada kemungkinan para pengungsi terjangkit penyakit itu. Sementara di Jawa Timur sudah terbebas dari endemik tersebut. Budi sudah berkoordinasi dengan instansi kesehatan kabupaten dan kota di Jawa Timur untuk memberi penanganan khusus pada pengungsi dari Wamena.

    Data sementara yang dikumpulkan Budi, ada 62 pengungsi asal Wamena yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Minggu, 5 Oktober 2019. Mereka menumpang Kapal Motor (KM) Ciremai dan telah diperiksa petugas kesehatan pelabuhan.

    Puluhan pengungsi tersebut merupakan warga Jawa Timur yang mayoritas telah tinggal di Wamena selama lebih dari lima tahun. Dari total pengungsi, 30 orang di antaranya berasal dari Kabupaten Nganjuk, serta masing-masing lainnya berasal dari berbagai kabupaten atau kota di wilayah Jawa Timur.

    "Ada beberapa pengungsi tadi yang sakit tapi cuma batuk-batu atau pilek. Namun secara keseluruhan kondisinya sehat," katanya.

    Data-data pengungsi yang tiba di Jawa Timur sudah ada di KKP Kelas I Surabaya. Penanganan atas pengungsi itu telah dikoordinasikan dengan puskesmas-puskesmas atau rumah sakit di berbagai daerah kabupaten dan kota wilayah Jawa Timur.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id