Kebanyakan Hoaks, Generasi Milenial Dikhawatirkan Jadi Apatis

    Annisa ayu artanti - 09 Maret 2019 21:04 WIB
    Kebanyakan Hoaks, Generasi Milenial Dikhawatirkan Jadi Apatis
    Tenaga Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Literasi Digital dan Tata Kelola Internet Donny B Utoyo. Medcom.id/ Annisa Ayu
    Jakarta: Banyaknya berita bohong atau hoaks yang beredar dikhawatirkan membuat generasi milenial menjadi apatis terhadap pemberitaan. Hal itu nantinya akan merembet kepada sikap dan arah demokrasi generasi di tahun politik.

    Tenaga Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Literasi Digital dan Tata Kelola Internet Donny B Utoyo mengatakan, sebenarnya generasi milenial bukan menjadi sasaran berita hoaks. Sasaran berita hoaks adalah generasi tua yang gagap teknologi dan lambat mencari kebenaran informasi.

    Akan tetapi, jika generasi milenial sering disajikan berita hoaks dan tidak ada klarifikasi masif terhadap berita tersebut, maka suatu saat generasi tersebut dikhawatirkan akan menjadi generasi yang apatis. 

    "Lama-lama generasi milenial ini dikhawatirkan apatis terhadap informasi yang ada di internet," kata Donny saat ditemui di Jakarta Aquarium, Jakarta, Sabtu, 9 Maret 2019.

    Donny menjelaskan, bila generasi muda sudah apatis terhadap informasi pemberitaan nantinya akan berdampak pada sikapnya terhadap demokrasi, khususnya pemilu yang akan berlangsung bulan depan. Mereka akan menganggap semua berita yang beredar adalah berita hoaks, bahkan berita terverifikasi sekalipun.

    "Ini nanti kaitan banyak, seperti demokrasi dan pemilu," ucap dia.

    Kemenkominfo telah mengidentifikasi 771 berita hoax selama periode Agustus 2018 hingga Februari 2019. Paling banyak berita hoax tersebut berkaitan dengan isu politik. Kemudian berita hoax kedua terbanyak mengenai masalah kesehatan yakni sebanyak 126 berita.



    (EKO)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id