Menhan: Rakyat Berperan Mendukung Ketahanan Negara

M Sholahadhin Azhar - 12 Juli 2018 19:53 wib
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. Foto: MI/Pius
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. Foto: MI/Pius Erlangga.

Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu memberi pembekalan pada Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) XLV Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di Sesko TNI, Bandung. Dalam kesempatan itu, ia meminta 150 pasis sesko TNI menjaga kerekatan dengan masyarakat.

"Penilaian terhadap kekuatan pertahanan negara sama sekali tidak hanya dinilai seberapa besar anggaran dan kekuatan alutsista, namun kekuatan tersebut tertumpu pada persatuan dan kesatuan rakyat," kata Ryamizard melalui keterangan pers yang diterima Medcom.id, Kamis, 12 Juli 2018.

Menurut dia, rakyat berperan mendukung kekuatan TNI. Sebagai salah satu basis kekuatan bangsa, rakyat juga punya peran dalam mendukung strategi pembangunan nasional.

"Strategi pertahanan negara dalam menyikapi dinamika perkembangan lingkungan strategis merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari strategi pembangunan nasional," katanya.

Meskipun Indonesia kini sedang tidak menghadapi ancaman perang terbuka antarnegara, namun radikalisme yang menjurus pada terorisme, separatisme, dan pemberontakan bersenjata terus mengancam ketahanan negara.

"Saat ini semua di kawasan dan di berbagai belahan di dunia sedang menghadapi potensi ancaman yang sangat nyata, yaitu bahaya ancaman terorisme", kata dia.

Selain persatuan, Indonesia juga memerlukan kerja sama dengan bangsa lain. Ryamizard mengaku tengah menjalin kerja sama dengan negara-negara lain untuk membangun keamanan bilateral dan multilateral.

"Kunci utama dalam merespon berbagai bentuk tantangan dan ancaman keamanan bersama di tataran internasional adalah sebuah resolusi dan komitmen yang dibangun mekanisme kerja sama keamanan bilateral maupun multilateral," pungkas Ryamizard.


(HUS)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.