Wapres Bangga pada Papua

    Emir Chairullah - 16 Oktober 2021 06:00 WIB
    Wapres Bangga pada Papua
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam penutupan PON XX Papua. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto



    Jakarta: Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi seluruh masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON XX yang dinilai sukses. Ma’ruf bangga dan terharu atas dedikasi pemerintah dan masyarakat Papua dalam mempersiapkan serta menyelenggarakan PON kali ini.

    “Sejarah akan mencatat bahwa PON yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Cendrawasih, Tanah Papua berlangsung dengan sukses,” kata Ma'ruf dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Jumat, 16 Oktober 2021.

     



    Sejumlah tantangan berhasil dilewati Papua dalam penyelenggaraan PON XX. Seperti pembangunan infrastruktur yang sangat masif dengan standar dan kualitas internasional serta lokasi penyelenggaraan yang tersebar dari Jayapura, Mimika dan Merauke.

    “Jarak antar satu venue dengan yang lain merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini,” ujarnya.

    Apalagi, PON XX diselenggarakan dalam kondisi pandemi covid-19, yang menuntut kerja ekstra dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. Menurutnya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan.

    “Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya, bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa!,” ujarnya.

    Baca: Wapres: Papua Jadi Kekuatan Elite Olahraga Nasional

    Ma’ruf juga memberi selamat atas melonjaknya prestasi tim Papua yang berhasil menduduki peringkat ke-4. Ssebelumnya, Papua berada pada peringkat ke-8 pada PON 2016.

    “Ini menunjukkan bahwa Papua telah menjadi kekuatan elite olah raga nasional. Ini bukti bahwa bumi Papua tidak saja kaya, tapi penuh dengan talenta,” ujarnya.

    Ma’ruf berharap talenta yang dimiliki masyarakat Papua akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Papua. Sehingga kekayaan sumber daya alam akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Papua sendiri.

    "Oleh karena itu, kita harus terus bekerja keras agar talenta-talenta Papua tumbuh dan berkembang subur di semua aspek untuk mempercepat pembangunan kesejahteraan di Tanah Papua,” jelasnya.

    Ma’ruf menyebut kesuksesan penyelenggaraan PON XX di Papua pada 2021 ini mencerminkan kuatnya persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai bangsa yang majemuk. Ia mengatakan solidaritas, sportivitas, persatuan, dan kesatuan kunci kesuksesan bersama.

    "Ini harus selalu kita jaga dan rawat bersama. Torang samua basodara! Kita semua bersaudara!,” tegasnya.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id