2 Harimau Sumatra Sembuh dari Covid-19, 5 Jenis Hewan Ini Juga Pernah Dilaporkan Terinfeksi

    Cindy - 01 Agustus 2021 15:21 WIB
    2 Harimau Sumatra Sembuh dari Covid-19, 5 Jenis Hewan Ini Juga Pernah Dilaporkan Terinfeksi
    Ilustrasi harimau. AFP



    Jakarta: Dua harimau Sumatra di Taman Margasatwa Ragunan dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 pada 9 Juli 2021. Kedua harimau itu saat ini telah dinyatakan sembuh. 

    "Pada tanggal 14 Juli, kami lakukan pengambilan sampel dengan di-swab kemudian dikirim ke laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, IPB Bogor. Lalu, hasilnya keluar tanggal 15 Juli yang menyatakan bahwa kedua satwa tersebut terpapar covid-19," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, melalui keterangan tertulis, Minggu, 1 Agustus 2021.

     



    Suzi memastikan kedua harimau itu  masih dalam pemantauan ketat Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Distamhut Provinsi DKI Jakarta. Sejak awal pandemi covid-19, sejumlah hewan telah dilaporkan terinfeksi virus korona. 

    Lantas, apa saja hewan yang sudah pernah terinfeksi virus ini? Berikut selengkapnya!

    1. Anjing

    Angriculture, Fisheries and Conservation Department (AFCD) Hong Kong menemukan kasus anjing positif covid-19 pertama di dunia pada 26 Maret 2020. Anjing yang terinfeksi itu diketahui berusia 17 tahun dengan jenis Pomeranian. 

    Sang pemillik anjing merupakan wanita berusia 60 tahun yang sudah lebih dulu terinfeksi covid-19. Akibatnya, anjing tersebut ikut terpapar virus. 

    Di tahun yang sama pada bulan Juli, ditemukan kasus positif covid-19 pada seekor anjing Terrier Yorkshire. Pemilknya diketahui kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. 

    Baca: 2 Harimau Sumatra di Ragunan Sembuh dari Covid-19

    2. Kucing

    Fakultas Kedokteran Universitas Liege melaporkan seekor kucing di Belgia terkonfirmasi positif covid-19 pada 27 Maret 2020. Kucing itu tinggal bersama seorang wanita yang didiagnosis covid-19 setelah kembalid dari Italia. 

    Seminggu setelah pemiliknya mengalami gejala covid-19, kucing itu juga menunjukkan gejala klinis berupa muntah, diare, dan gangguan pernafasan. Bukti positif covid-19 didapat dari sampel muntahan dan kotoran kucing yang dikirim langsung oleh pemilik ke laboratorium Universitas Liege.

    Kucing tersebut dilaporkan sembuh dari covid-19 setelah sembilan hari mendapat perawatan.  Insiden serupa juga terjadi pada Juli 2020. Seorang dokter hewan swasta awalnya mendiagnosis kucing tersebut terkena virus herpes. Infeksi pernafasan ini umum diderita kucing. 

    Kemudian, sampel dari kucing itu juga diuji untuk virus korona sebagai bagian dari program penelitian. Diketahui kucing itu positif covid-19 karena tertular dari sang pemilik. 

    3. Gorila

    Delapan gorila dataran rendah barat milik Taman Safari San Diego terpapar covid-19 varian West Coast di California, Amerika Serikat, pada Januari 2021. Kedelapan gorila itu menunjukkan gejala seperti batuk ringan, hidung tersumbat, dan lesu. 

    Gorila itu diyakini tertular dari anggota staf kebun binatang yang tidak menunjukkan gejala. Mereka pun dikarantina dan telah dinyatakan pulih dari covid-19. 

    4. Cerpelai

    Dalam situs resminya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan wabah covid-19 melanda peternakan cerpelai di beberapa negara pada 30 Desember 2020. Covid-19 itu diketahui dapat berubah saat menginfeksi cerpelai. 

    Dalam laporan itu, varian cerpelai dapat menularkan kembali ke manusia melalui kontak dekat dengan cerpelai. hasil awal menunjukkan bahwa varian cerpelai yang menginfeksi manusia memiliki sifat yang sama dengna varian lain dari virus covid-19. 

    Baca: Begini Syarat Agar Jakarta Longgarkan PPKM di Seluruh Sektor Kegiatan

    5. Singa

    Melansir dari India Today, delapan singa di Taman Zoologi Nehru Hyderabad India dilaporkan terkonfirmasi positif covid-19. Mereka terdiri dari empat singa jantan dan empat singa betina yang menunjukkan gejala demam.

    Hasil positif itu diketahui dari sampel yang dikirim ke Centre for Cellular and Molecular Biology (CCMB) pada 19 April 2021. Setelah menjalani pengobatan selama hampir dua minggu, gejala yang dialami singa-singa tersebut mereda dan pulih dari covid-19.  

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id