Antisipasi Mutasi Baru Covid-19, Kemenkes Periksa Genome Sequencing dari Kudus

    Nur Azizah - 31 Mei 2021 17:37 WIB
    Antisipasi Mutasi Baru Covid-19, Kemenkes Periksa <i>Genome Sequencing</i> dari Kudus
    Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers di Bandara Soetta, Banten, Minggu, 18 April 2021. Foto: BPMI Setwapres



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal memeriksa genome sequencing virus korona dari pasien covid-19 di Kudus, Jawa Tengah. Pemeriksaan data genom ini untuk mengantisipasi mutasi baru covid-19.

    "Kami juga sekarang minta sampelnya untuk dilakukan genome sequencing, apakah lonjakan yang terjadi di Kudus ini disebabkan adanya mutasi baru," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 31 Mei 2021.

     



    Kasus covid-19 di Kudus melonjak signifikan usai libur Lebaran 2021. Per Minggu, 30 Mei 2021, 'Kota Keretek' dilanda 1.268 kasus aktif.

    Baca: Penerima Vaksin di Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

    "Pesan kami untuk daerah-daerah yang lonjakannya cukup tinggi, termasuk yang ada di Kudus, tolong tetap disiplin terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," ucap Budi.

    Ia mengatakan tren kasus aktif covid-19 tengah naik. Bila masyarakat patuh protokol kesehatan, dia yakin potensi penularan virus akan kecil.

    Guna menekan laju penularan virus, Kemenkes bersama Polri dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberlakukan micro lockdown atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Kudus. Budi berharap dengan penerapan PPKM mikro, kasus dapat terkendali.

    Tingginya kasus covid-19 membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Kudus menutup sejumlah akses jalan masuk menuju kota dan menutup tempat wisata. Pemkot Kudus juga menerapkan jam malam hingga menyiapkan rumah sakit darurat.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id