Jawa Jadi Kunci Penurunan Kasus Covid-19 Nasional, Ini Syaratnya

    Theofilus Ifan Sucipto - 03 Juni 2021 08:39 WIB
    Jawa Jadi Kunci Penurunan Kasus Covid-19 Nasional, Ini Syaratnya
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta penanganan covid-19 di Pulau Jawa jadi perhatian. Sebab, Pulau Jawa menyumbang 53 persen kasus covid-19 nasional.

    “Penanganan pandemi covid-19 di Pulau Jawa harus dilakukan secara serius dan bersama-sama,” tegas juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Kamis, 3 Juni 2021.

     



    Wiku menyebut keberhasilan penanganan covid-19 di Pulau Jawa menurunkan kasus korona secara nasional. Upaya itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) oleh enam provinsi di Pulau Jawa.

    “Jika berhasil memperbaiki penanganan dan menurunkan kasus dalam satu hingga dua minggu ke depan, bukan tidak mungkin kasus positif tingkat nasional turun secara drastis,” papar dia.

    Menurut Wiku, peran pemerintah daerah sangat penting dalam penanganan covid-19. Pemerintah pusat tidak bisa berjalan sendiri dan memantau hingga tingkat desa di seluruh Indonesia.

    Baca: Kasus Baru Covid-19 Bertambah 5.246

    “Saya harapkan pemerintah daerah dapat konsisten mempertahankan kerja keras yang dilakukan,” papar dia.

    Wiku juga mendorong pemerintah daerah di Pulau Jawa memaksimalkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Sehingga, kasus covid-19 betul-betul terpantau dengan baik mulai tingkat desa.

    Sebelumnya, sebanyak 40.821 kasus covid-19 terdeteksi di Indonesia periode 24 hingga 30 Mei 2021. Pulau Jawa menyumbang 21.591 kasus di antaranya.

    “Pulau Jawa menyumbang 53 persen dari seluruh kasus nasional selama satu minggu terakhir,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 1 Juni 2021.

    Wiku memerinci lima provinsi dengan lonjakan kasus covid-19 terbanyak pekan ini. Provinsi itu ialah Jawa Barat dengan 7.246 kasus, Jawa Tengah 5.568 kasus, DKI Jakarta 5.324 kasus, Riau 4.737 kasus, dan Kepulauan Riau 2.008 kasus.

    Wiku menilai kasus di Pulau Jawa meroket lantaran menjadi wilayah paling padat di Indonesia. Sekitar 145 juta jiwa atau 55 persen dari total penduduk Indonesia terpusat di Pulau Jawa.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id