comscore

Kasus Penculikan Mengancam Keamanan Ruang Publik Anak

M Iqbal Al Machmudi - 16 Mei 2022 10:57 WIB
Kasus Penculikan Mengancam Keamanan Ruang Publik Anak
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) meminta kasus penculikan 12 anak Jabodetabek diusut tuntas. Termasuk, terkait dugaan pemerkosaan.

"Kasus ini merenggut rasa aman anak bermain di ruang publik, karena itu saya harapkan hukum yang tegas terhadap pelaku, terlebih pelakunya adalah residivis," kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam keterangannya, Senin, 16 Mei 2022.
Ia mengatakan seharusnya anak bisa mendapatkan rasa aman ketika berada di ruang publik. Seperti lingkungan masyarakat, sekolah, dan ruang bermain.

Terjadi penculikan terhadap 12 anak di berbagai tempat. Berdasarkan informasi dari polisi pelakunya adalah satu orang, berinisial ARA.

Pelaku melakukan penculikan dengan modus mengaku sebagai polisi untuk membawa anak-anak yang sedang bermain dan berolahraga di luar rumah dengan dalih tidak memakai masker. Korban anak kemudian dibawa berputar-putar beberapa hari ke berbagai tempat dengan motor dan ponselnya pun diambil.

"Patut diketahui, sesungguhnya dengan dalih apa pun, anak tidak bisa dibawa oleh orang yang mengaku sebagai aparat keamanan tanpa persetujuan orang tuanya," tutur Bintang.

Baca: BNPT Pastikan Penculik 12 Anak di Jabodetabek Bukan Eks Napiter

Ia menekankan aktivitas di ruang publik untuk mendukung tumbuh kembangnya seperti olah raga dan bermain harus didukung. Namun, ruang beraktivitas itu perlu aman dan terlindungi dari segala tindak kekerasan dan hal lain yang membahayakan anak.

Bintang berharap orang tua, pengelola ruang bermain anak, dan lingkungan perumahan dapat memberikan pendampingan dan pengawasan. Anak juga diminta agar tidak bermain sendirian di tempat sepi apalagi tanpa pengawasan orang tua. 

"Selain itu, anak perlu mendapat bekal informasi agar tidak mudah terpengaruh oleh bujuk rayu orang yang tidak dikenal sekalipun mengaku sebagai aparat keamanan," ungkap dia.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id