comscore

Kemenkes Sebut Ini Syarat Penting Isoman di Rumah

Sri Yanti Nainggolan - 23 Februari 2022 21:29 WIB
Kemenkes Sebut Ini Syarat Penting Isoman di Rumah
Ilustrasi. Pexels.com
Jakarta: Wakil Menteri Kesehatan RI (Kemenkes) Dante S Harbuwono membeberkan syarat tempat isolasi mandiri (isoman) yang baik di rumah. Sirkulasi udara adalah kunci penting. 

“Jadi sebenarnya, karakteristik yang baik dari ruangan isolasi mandiri adalah terhindar kontak secara langsung dengan anggota keluarga lainnya. Itu yang paling penting,” kata Dante dilansir dari Antara, Rabu, 23 Februari 2022. 
Dante menuturkan, sebuah ruangan yang dijadikan sebagai tempat isoman tak harus memiliki penyejuk udara (AC). Namun, harus bisa memberikan proteksi antaranggota keluarga agar mencegah terjadinya penularan covid-19 di dalam rumah.

Bila berbicara mengenai sirkulasi udara, lanjut dia, keluarga dapat memperhatikan sirkulasi pada jendela ataupun lubang ventilasi lainnya agar pertukaran udara dalam kamar pasien covid-19 dapat berjalan dengan baik.

Baca: Catat! Ini Nomor WhatsApp Isoman dari Kemenkes
 

Pentingnya jaga jarak dengan pasien covid-19 di rumah

Menurut Dante, keluarga perlu benar-benar menjaga jarak dengan pasien covid-19 meski berada di dalam satu rumah. Bila ruang isolasi dirasa tidak memadai dan aktivitas tidak bisa dilakukan secara terpisah, pasien covid-19 diminta untuk melakukan isolasi terpusat yang disediakan pemerintah.

"Termasuk menggunakan kamar mandi sendiri, ya. Karena salah satu sumber pencemaran adalah melalui toilet yang dipakai secara bersama-sama," lanjut Dante.

(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id