comscore

Pembangunan Berkelanjutan Disebut Butuh Pendekatan Yurisdiksi

M Sholahadhin Azhar - 20 April 2022 21:01 WIB
Pembangunan Berkelanjutan Disebut Butuh Pendekatan Yurisdiksi
Ilustrasi pembangunan/MI/Pius Erlangga
Jakarta: Pembangunan berkelanjutan di Indonesia atau sustainable development goals (SDGs) disebut membutuhkan pendekatan yurisdiksi. Pendekatan itu merupakan komitmen stakeholder terkait untuk mencapai konsensus bersama mengenai SDGs.

"Dalam implementasinya, pendekatan yurisdiksi memiliki ciri-ciri yakni keterlibatan multi-stakeholder, pengelolaan lanskap terpadu, tujuan keberlanjutan bersama, dan transparansi pemantauan dan pelaporan," kata Deputi Menteri Kelautan dan Sumber Daya Alam Bappenas, Arifin Rudiant, dalam webinar Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI) bertajuk 'Implementasi SDGs Melalui Pendekatan Yurisdiksi' pada Rabu, 20 April 2022.
Salah satu daerah yang mesti dibangun dengan pendekatan yurisdiksi yakni Papua. Dibutuhkan keterlibatan dan dukungan pemerintah pusat dan daerah mengimplementasikan pendekatan itu.

Baca: Besaran Anggaran Dana Desa Era Jokowi Disebut Percepat Kemajuan Daerah

Seluruh pihak mesti mengkaji tantangan yang berpotensi muncul dalam implementasi SDGs di Papua. Sehingga, pembangunan di Bumi Cenderawasih dapat dipercepat.  

Tokoh pemuda Papua Henderite L Ohee mengatakan Papua memiliki modal besar berupa kekayaan alam. Diperlukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) lokal untuk mengawal pemanfaatan kekayaan itu.

"Kemudian dalam melakukan proses tersebut, perlu pelibatan kelompok masyarakat adat juga yang tidak kalah penting mengakomodir nilai nilai masyarakat adat," ujar Henderite.

Direktur Eksekutif DIPI Jatna Supriatna menyampaikan mesti ada terobosan yang siap dan dapat diimplementasikan membangun Papua. Khususnya, menunjang skema pendanaan mendukung SDGs.

"Di antaranya alokasi untuk penelitian dan pengembangan dari berbagai pihak, kemudian aksi bersama seluruh stakeholder untuk saling melengkapi, bekerjasama dalam memanjukan pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan yurisdiksi untuk mencapai target SDGs di tanah Papua," kata dia.


(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id