Umat Islam Diminta Mematuhi Fatwa MUI Demi Cegah Korona

    Anggi Tondi Martaon - 18 Maret 2020 11:34 WIB
    Umat Islam Diminta Mematuhi Fatwa MUI Demi Cegah Korona
    ILustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Komisi VIII DPR menyambut baik fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah korona (covid-19). MUI mengajak masyarakat melaksanakan salat Jumat di rumah.

    "Apa yang dilakukan MUI merupakan bentuk kehati-hatian agar kita semua jangan sampai terjangkit virus korona akibat interaksi antara manusia," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

    Politikus Golkar itu menilai fatwa bisa menjadi pedoman beribadah umat Islam. Terutama, salat maupun kegiatan yang mengumpulkan banyak orang yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus korona.

    Dia menuturkan dengan langkah antisipatif seperti social distancing (jarak sosial) dapat menghentikan penyebaran virus. Fatwa serupa juga berlaku di negara lainya, seperti Arab Saudi dan Mesir melalui Majlis Fatwa Universitas Al-Azhar.

    Fatwa juga berlaku untuk kegiatan keagamaan yang melibatkan orang banyak. Salah satunya Tablig Akbar.

    (Baca: Fatwa MUI Seputar Ibadahnya Orang Terpapar Korona)

    "Cara dan sikap kita yang menjaga kebersihan, mengikuti saran untuk social distancing dan sebagaimana Fatwa MUI ini merupakan bentuk kontribusi kita melawan covid-19 agar dapat diselesaikan dengan cepat di Indonesia," kata dia.

    Ace meminta Fatwa MUI disosialisasikan dengan baik. Satgas pemerintah diminta memantau aktivitas keagamaan di daerah.

    MUI mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Wabah Virus Korona (covid-19). Fatwa mengatur, di antaranya memperbolehkan masyarakat mengganti salat Jumat dengan salat Zuhur demi mencegah penyebaran covid-19 bagi orang-orang sehat.

    MUI juga melarang sementara pelaksanaan ibadah yang membuat konsentrasi massa bagi umat Islam di wilayah dengan kondisi penyebaran virus korona sudah tak terkendali. Fatwa telah diserahkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk disosialisasikan ke seluruh masjid di Indonesia.




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id