Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Kembali Digelar

    Fachri Audhia Hafiez - 22 November 2019 11:16 WIB
    Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Kembali Digelar
    Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membuka penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas). Kegiatan ini telah delapan kali digelar sejak 2001.

    "Dengan selalu mengharap rida Allah subhanahu wa ta'ala saya Menag dan dengan atas nama panitia kerja tetap nasional Pospenas ke-8 di Jawa Barat mendapat kehormatan meresmikan  penyelenggaraan Pospenas ke-8 tahun 2019 di Jawa Barat," kata Fachrul di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pusat, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 22 November 2019.

    Fachrul mengatakan acara dimaksudkan sebagai pembinaan generasi muda dalam bidang olahraga dan seni. Kegiatan ini perlu ditumbuh kembangkan agar santri menjadi insan yang sehat jasmani dan rohani. 

    "Santri yang jadi urat nadi dari penyelenggaraan ini dalam event tiga tahunan ini menjadi wahana menjaga jati diri Pondok Pesantren yang sesungguhnya yakni berlomba-lomba dalam kebaikan demi mengharap rida Allah SWT," ujar Fachrul.

    Mantan Wakil Panglima TNI ini mengungkapkan olahraga dan seni dapat mengukuhkan karakter sportivitas kebersamaan dan budaya buat kejayaan bangsa. Dia menuturkan kegiatan juga jadi momentum menumbuhkan semangat nasionalisme jiwa para santri.

    "Semangat resolusi jihad sebagaimana kita rayakan dalam tiap peringatan hari santri hendaknya kita wujudkan dengan kekuatan hati, pikiran, fisik dan rasa yang menggelora buat berkontribusi membangun bangsa demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Fachrul.

    Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menjelaskan cabang olahraga (cabor) dan seni akan dipertandingkan selama 25-30 November 2019. Sebanyak 3.090 penghuni pesantren akan terlibat aktif serta memeriahkan kegiatan ini.

    Sebanyak 1.541 atlet santri akan bertanding dalam cabang olahraga, 589 seniman santri akan berlomba pada cabang seni dan sebanyak 960 orang turut dilibatkan terdiri dari official dan pendamping. 

    "Yang menarik ada seni yang diperlombakan stand up comedy," ujar Kamaruddin.

    Kemenag juga melibatkan sejumlah kementerian dan pemerintah daerah dalam kegiatan ini, yakni Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta pemerintah provinsi Jawa Barat.




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id