Penambahan Kasus Covid-19 Konsisten di Atas 4 Ribu Harus Jadi Alarm

    Cindy - 26 November 2020 17:23 WIB
    Penambahan Kasus Covid-19 Konsisten di Atas 4 Ribu Harus Jadi Alarm
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyoroti penambahan pasien baru virus korona antara empat ribu sampai lima ribu kasus pada tiga hari terakhir. Kondisi ini menggambarkan penularan covid-19 terus terjadi di tengah masyarakat.

    "Bahkan (kasus baru harian) tidak pernah berada di bawah empat ribu selama seminggu terakhir," kata Wiku dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 26 November 2020.

    Menurut dia, penambahan kasus positif secara konsisten ini harus menjadi alarm bagi masyarakat dan pemerintah. Kasus positif dapat terus bertambah bila tidak ada langkah serius dalam mencegah penyebaran covid-19.

    Wiku menuturkan ada 4.917 kasus baru covid-19 terdeteksi pada Kamis ini. Total pasien terkonfirmasi positif secara nasional menjadi 516.753 orang.

    Sementara itu, kasus sembuh bertambah 3.842 dalam sehari. Total pasien yang dapat pulih dari covid-19 menjadi 433.649 orang dengan tingkat kesembuhan 83,9 persen.

    Baca: 3 Basic Higienitas yang Perlu Kamu Lakukan dalam Pandemi

    Di sisi lain, kasus kematian bertambah 127 menjadi 16.352 korban jiwa. Tingkat kematian secara nasional mencapai 3,2 persen.

    "Masyarakat harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak)," ujar Wiku.

    Selain itu, Wiku meminta satgas covid-19 di daerah tidak ragu menindak masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan. Aturan harus ditegakkan tanpa pandang bulu. 

    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id