Demi Keamanan, Masyarakat Diminta Sabar Menanti Vaksin Covid-19

    Nur Azizah - 12 November 2020 17:16 WIB
    Demi Keamanan, Masyarakat Diminta Sabar Menanti Vaksin Covid-19
    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa
    Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Wiku Adisasmito meminta masyarakat bersabar menanti kehadiran vaksin covid-19. Produksi vaksin tak boleh gegabah guna memastikan keamanan dan efektivitasnya.

    “Waktu yang dihabiskan untuk uji klinis dan persetujuan semata-mata upaya memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat,” kata Wiku di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta Timur, Kamis, 12 November 2020.

    Wiku mengatakan pengembangan vaksin covid-19 menjadi hal baru dan belum pernah diteliti sebelumnya. Proses pembuatan vaksin juga dipengaruhi sifat virus korona yang baru ditemukan dan butuh waktu untuk mempelajarinya.

    “Kami ingatkan masyarakat untuk bersabar karena produksi vaksin membutuhkan waktu,” ujar dia.

    Baca: Ini Tahapan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac

    Wiku menjelaskan tahapan pengembangan vaksin baru terdiri dari tahap eksplorasi, tahapan praklinis, pengembangan klinis. Kemudian dilanjutkan tahap tinjauan dan persetujuan regulasi, manufaktur, serta kontrol kualitas.

    Tahap berikutnya ialah pemberian persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization atau EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). EUA pun tak sembarangan bisa keluar. Tahap ini terbagi atas penyerahan dokumen registrasi, proses evaluasi mutu, evaluasi uji non klinis dan klinis, serta informasi produk, dan pengambilan keputusan.

    “Prinsip utama pembuatan vaksin adalah memastikan pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi aman dan efektif serta melalui kaidah ilmiah bedasarkan data sains dan standar kesehatan,” tegas Wiku.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id