PPM Poltekesos Beri Layanan Dukungan Psikososial untuk Pasien Covid-19

    Gervin Nathaniel Purba - 06 Oktober 2020 17:28 WIB
    PPM Poltekesos Beri Layanan Dukungan Psikososial untuk Pasien Covid-19
    Unit Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Poltekesos Bandung Kemensos memberikan bantuan layanan dukungan psikososial dan perlindungan berupa penyediaan shelter kepada korban dan pasien covid-19 (Foto:Dok.Renjana Pictures)
    Jakarta: Unit Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Poltekesos Bandung Kementerian Sosial (Kemensos) menaruh perhatian besar terhadap warga dan tenaga kesehatan yang terdampak oleh wabah virus korona (covid-19). Salah satu bentuk upaya dalam membantu mereka yakni dengan menerjunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial ke beberapa lokasi.

    Tim Poltekesos yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Yuti Ismudiyati, bersama  para ahli Layanan Dukungan Psikososial terjun ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Wisma Tanah Air Cawang, Balai Mulya Jaya Jakarta. Kegiatan ini bersinergi dengan tim psikologi dan tim keperawatan.

    Kehadiran mereka untuk memberikan bantuan layanan dukungan psikososial, dan perlindungan sementara berupa penyediaan shelter kepada para korban dan pasien covid-19 yang sudah sembuh, beserta keluarga. Mereka sempat mendapat penolakan dari lingkungan sekitar akibat stigma virus covid-19. 

    PPM Poltekesos Beri Layanan Dukungan Psikososial untuk Pasien Covid-19

    "Kami datang untuk memberikan layanan dukungan psikososial. Diharapkan menjadi jembatan komunikasi yang menyenangkan untuk warga terdampak, maupun tenaga kesehatan yang bertugas penuh dedikasi. Mudah-mudahan semua dalam lindungan Allah dan semoga musibah ini segera berakhir," kata Yuti, beberapa waktu lalu, dikutip keterangan tertulis, Selasa, 6 Oktober 2020.

    Tim Poltekesos memberikan Layanan ukungan Psikososial berupa sharing session bersama tenaga kesehatan, fun games, aktifitas rekreasional bagi pasien anak melalui beberapa permainan gerak, lagu dan yel-yel, serta kegiatan lomba mewarnai.

    PPM Poltekesos Beri Layanan Dukungan Psikososial untuk Pasien Covid-19

    Pelaksanaan kegiatan in tentunya dengan mengikuti standar protokol kesehatan, tetap menjaga jarak, memakai masker, dan sering mencuci tangan.

    Yuti mengatakan, pandemi covid-19 menyisakan trauma yang mendalam bagi warga terdampak, kelelahan, serta burn out bagi tenaga kesehatan. Ada juga yang mengalami kehilangan anggota keluarga, harta benda, dan juga barang berharga lainnya. 

    PPM Poltekesos Beri Layanan Dukungan Psikososial untuk Pasien Covid-19

    "Rasa kehilangan tentunya menjadi kesedihan, dan bukan hal yang bukan untuk segera pulih," katanya. 

    Dengan kehadiran Tim Poltekesos dalam memberikan Layanan Dukungan Psikososial ini, diharapkan bisa membuka keyakinan diri, keceriaan, meringankan beban, dan traumatis. 

    "Dapat juga memberikan semangat untuk melewati fase pasca bencana,” ucap Yuti.

    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id