3.126 Rumah Sakit dan Puskesmas Segera Dilengkapi Fasilitas Internet

    Siti Yona Hukmana - 06 Oktober 2020 00:01 WIB
    3.126 Rumah Sakit dan Puskesmas Segera Dilengkapi Fasilitas Internet
    Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut masih ada rumah sakit dan puskesmas yang belum tersentuh akses internet. Tempat pelayanan kesehatan itu dipastikan segera mendapatkan fasilitas internet.

    "Dari 10.133 rumah sakit dan puskesmas yang ada, terdapat 3.126 yang belum terjangkau akses internet. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa Kemkominfo akan segera menghadirkan akses internet untuk fasilitas kesehatan yang selama ini belum terjangkau itu," kata Johnny dalam webinar peluncuran pelatihan UMKM digital di Indonesia, Senin, 5 Oktober 2020.

    Kemkominfo akan menghadirkan akses internet ke 2.500 puskesmas di seluruh Tanah Air pada 2020. Sebanyak 626 lainnya, kata dia, akan diberikan akses internet pada anggaran 2021.

    "Dengan demikian di akhir 2021 seluruh pusat kesehatan yang ada di Indonesia sudah harus dapat terlayani melalui akses wifi atau internet," ujar Johnny.

    Kemkominfo juga akan memberikan akses internet 4G kepada 12.548 desa/kelurahan yang belum tersentuh fasilitas internet. Sebanyak 12.548 desa/kelurahan itu dimasukkan ke dalam program pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi.

    "Sebanyak 12.548 desa dan kelurahan yang perlu dilengkapi dengan kehadiran dalam sinyal 4G setidaknya selambat-lambatnya hingga 2022, yang sudah dalam tagline program Kementerian Kominfo," kata Johnny.

    Baca: 12.548 Desa/Kelurahan Akan Dilengkapi Infrastruktur Internet 4G

    Kemkominfo juga akan meluncurkan satelit multifungsi, satelit Indonesia Raya atau satria. Satelit ini diharapkan selambat-lambatnya tersedia pada kuartal ketiga pada 2023.

    "Untuk memenuhi kebutuhan layanan atas 150.000 titik pelayanan publik dari 500.000 pelayanan publik yang terdapat di Indonesia," ucap Johnny.

    Johnny mengungkapkan Badan Aksebilitas Komunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo telah menghadirkan akses internet lebih dari 7.634 titik pada masa pandemi covid-19. Akses internet itu, kata dia, diberikan secara gratis kepada masyarakat di tujuh ribu titik tersebut.

    "Akses internet berarti hadirnya wifi ya, yang dihubungkan langsung dengan satelit-satelit yang kita gunakan saat ini," ucap Johnny.

    Johnny mengatakan ada sembilan satelit yang digunakan untuk keperluan telekomunikasi Indonesia. Lima di antaranya satelit yang dikelola dan dimiliki oleh Indonesia dan empat lainnya adalah satelit internasional.

    "Satelit internasional itu yang dimiliki oleh perusahaan global, yang di sewa oleh Kementerian Kominfo dalam hal ini Bakti," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id