Jangan Ditutupi, 4 Pertanyaan Ini Wajib Dijawab Polisi Terkait Aksi Teror Mabes

    Adri Prima - 01 April 2021 18:40 WIB
    Jangan Ditutupi, 4 Pertanyaan Ini Wajib Dijawab Polisi Terkait Aksi Teror Mabes
    Terduga teroris yang menerobos Mabes Polri. Foto: Tangkapan layar CCTV



    Jakarta: Markas besar (Mabes) Bareskrim Polri menjadi sasaran aksi teror. Pusat pertahanan dari pihak kepolisian tersebut diserang oleh sosok teroris yang bernama Zakia Aini (ZA) pada Rabu 31 Maret sore hari WIB.

    Aksi teroris itu terekam gawai dan tersebar di media sosial WhatsApp. Dalam video berdurasi 34 detik itu, terlihat seseorang berkerudung biru dan bergamis hitam memegang senjata api. 






    Kemudian, polisi melumpuhkan pelaku dengan tembakan ke arah dada. Tembakan itu pun langsung membuat ZA tewas seketika. 

    Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane ikut berkomentar soal insiden tersebut. Menurutnya kejadian itu menunjukkan betapa lengahnya pengamanan dan pengawasan di Mabes sehingga dengan mudahnya ada orang yang tak dikenal masuk dengan membawa senjata. 

    Untuk menjelaskan apa yang terjadi, Neta mengatakan pihak Polri harus menjawab beberapa pertanyaan mendasar kenapa insiden mencekam itu bisa terjadi.

    "Dalam kasus serangan di Mabes Polri, pihak kepolisian perlu menjelaskan, apa jenis senjata yang digunakan pelaku, benarkah Air Soft Gun? Benarkah pelaku berhasil melepaskan enam tembakan? Bagaimana senjata itu bisa masuk ke dalam Mabes Polri?" ungkap Neta dalam keterangan tertulisnya Kamis, 1 April 2021. 

    Tak hanya itu, Polisi juga harus menjelaskan dengan siapa yang bertemu atau berinteraksi saat masuk ke Mabes sehingga pelaku bisa melakukan serangan dari dalam.

    "Dengan siapa pelaku bertemu di dalam Mabes Polri sehingga pelaku bisa mendapatkan senjata dan melakukan serangan dari dalam," lanjut Neta. 

    Saat ini, jenazah ZA sudah dimakamkan di TPU Pondok Ranggon pada dini hari tadi. Pemakaman dilangsungkan setelah jenazah ZA melewati proses autopsi dari pihak kepolisian.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id