Penjelasan Hasil Tes Covid-19 Berubah Saat Kembali dari Luar Negeri

    Theofilus Ifan Sucipto - 24 Februari 2021 09:03 WIB
    Penjelasan Hasil Tes Covid-19 Berubah Saat Kembali dari Luar Negeri
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut ada sejumlah faktor membuat hasil tes usap polymerase chain reaction (PCR) yang semula negatif menjadi positif. Salah satunya, waktu pengambilan sampel swab PCR kurang tepat.

    "Seperti sampel swab PCR yang diambil terlalu awal saat masa inkubasi sehingga virus belum terdeteksi," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam keterangan tertulis, Rabu, 24 Februari 2021.






    Wiku mengatakan masa karantina covid-19, yakni lima hingga enam hari. Perubahan hasil tes PCR dari luar dan dalam negeri juga bisa disebabkan adanya penularan dalam rentang 3x24 jam sebelum keberangkatan.

    Pemerintah berupaya melakukan deteksi dini untuk mencegah impor kasus covid-19 atau imported case. Caranya, orang dari luar negeri wajib tes PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan dan kembali melakukan tes PCR saat tiba di Indonesia.

    "Kemudian swab lagi pascalima hari setelah karantina," kata Wiku.

    Baca: Ribuan Pendatang Positif Covid-19, Testing di Pintu Masuk Negara Harus Ditingkatkan

    Skema karantina bagi warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) pun berbeda. WNI yang merupakan pelajar, mahasiswa, pekerja migran, dan pegawai pemerintah dikarantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, dengan biaya ditanggung pemerintah.

    Sementara WNI selain ketentuan di atas dan WNA wajib melakukan karantina di tempat yang sudah disertifikasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Biayanya ditanggung individu tersebut.

    "Jika ditemukan WNI positif covid-19 setelah PCR, akan menjalani perawatan di rumah sakit ditanggung pemerintah. Sedangkan WNA menanggung sendiri biayanya," kata Wiku.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id