Erick Thohir: Vaksin Tak Hentikan Protokol Covid-19

    Yogi Bayu Aji - 08 Oktober 2020 02:07 WIB
    Erick Thohir: Vaksin Tak Hentikan Protokol Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengingatkan pengadaan vaksin tak membuat masyarakat bisa berhenti menjalankan protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) wajib dilakukan sepanjang virus korona masih berkeliaran.

    "Vaksin tidak menyelesaikan protokol covid-19. Kalau nanti (ada) vaksin, tetap protokol covid-19 harus ada," kata Erick dalam program Susi Cek Ombak, Metro TV, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Dalam acara yang dipandu mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti itu, Erick menjelaskan pemerintah berupaya menyediakan 340 juta vaksin untuk disuntikkan kepada 170 juta atau 70% populasi Indonesia. Satu orang penduduk divaksinasi dua kali.

    Sebanyak 310 juta vaksin, kata dia, didapat dari Uni Emirat Arab (UEA) dan Tiongkok. Sisa kebutuhan vaksin lainnya untuk mencakup seluruh penduduk bakal disediakan dari perusahaan farmasi dunia serta dari produksi dalam negeri.

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyebut hingga akhir 2020, pemerintah berencana menyediakan 30 juta vaksin dari grup G42 asal UEA dan Sinovac asal Tiongkok. Erick pun optimistis penyuntikkan vaksin bisa dimulai pada 2021. 

    "Terutama (vaksinasi) untuk tenaga medis, dokter, perawat, (petugas) laboratorium, TNI, Polri, dan lain-lain. Kita upayakan memang untuk garda terdepan. Negara-negara lain juga begitu, nanti yang lain baru menyusul," jelas Erick.

    Baca: Ridwan Kamil Sebut Ada 2 Vaksin Korona

    Sementara itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M.
     
    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id