Metro Hari Ini

    Kepala Basarnas Sebut Sulit Evakuasi Rimbun Air di Wilayah KKB Zakheus

    MetroTV - 15 September 2021 21:28 WIB
    Kepala Basarnas Sebut Sulit Evakuasi Rimbun Air di Wilayah KKB Zakheus
    Pesawat Rimbun Air jatuh di Papua. Foto: Dok/Istimewa



    Jakarta: Pesawat Rimbun Air yang sempat dinyatakan hilang kontak pada Rabu pagi, 15 September 2021 telah ditemukan di Sagupa Papua. Pesawat kargo jenis Twin Otter 300 ini dilaporkan jatuh saat melakukan upaya pendaratan.

    Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya Tentara Nasional Indonesia (TNI) Henri Alfiandi pun membenarkan, pesawat ini jatuh di wilayah lintasan markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Zakheus.

     



    "Saya menyimpulkan seberapa bahaya, lihat lokasinya pun sangat sulit dan juga untuk datang ke sana ada kemungkinan terdapat gangguan dari mereka," kata Henri dalam tayangan Metro Hari Ini di Metro TV pada Rabu, 15 September 2021.

    Baca juga: Tim SAR Telusuri Jalur Darat ke Lokasi Jatuh Pesawat Rimbun Air

    Zakheus disebut sebagai kelompok pengganggu dan pengrusak tatanan kehidupan masyarakat. Kelompok ini bertujuan mencegah warga Papua dari cengkeraman penguasa kegelapan.

    "Saya dapat laporan dari pihak TNI di sana. Kelompok ini kan bergerilya, kita tidak bisa memperkirakan apa yang mereka akan lakukan,” jelas Henri.

    Henri menjelaskan, pesawat yang membawa bahan bangunan dan bahan makanan ini ditemukan tertutup oleh rimbunnya pepohonan di kawasan perbukitan dengan ketinggian 2,400 meter. Hingga kini, kondisi ketiga awak pesawat belum diketahui.

    "Kita tidak bisa memberikan keterangan secara gamblang rencana apa, mereka nanti malah tahu semua dan jadi sasaran empuk,” terang Henri.

    Sejak pukul 07.30 WIB, Tim Basarnas disebut telah melakukan berbagai pergerakan sebagai langkah evakuasi bersama dengan TNI dan Polri. Ia berharap, proses ini dapat berjalan dengan cepat dan aman.

    “Tim kita sudah mulai bergerak, mudah-mudahan kelompok tersebut juga memiliki rasa kemanusiaan,” ujar Henri. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id