4 Tahap Penelusuran Kontak Erat bagi Kepala Daerah

    Theofilus Ifan Sucipto - 05 Desember 2021 15:45 WIB
    4 Tahap Penelusuran Kontak Erat bagi Kepala Daerah
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menjelaskan tahapan penelusuran kontak erat kepada kepala daerah. Ada empat tahapan yang mesti dilakukan.

    "Pertama, melakukan diagnosis satu kasus positif sebagai titik awal penelusuran kontak erat," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Minggu, 5 Desember 2021.

     



    Wiku mengatakan langkah kedua ialah identifikasi melalui wawancara pelacak kepada pasien covid-19. Caranya dengan mengingatkan kembali pasien soal siapa saja yang berinteraksi dengan dirinya beberapa hari belakangan.

    "Langkah ketiga dengan menghubungi daftar orang hasil tracing untuk diberikan informasi terkait karantina, durasi karantina, dan gejala-gejala yang harus diwaspadai," ucap dia.

    Baca: Kepala Daerah Diminta Pantau Rasio Kontak Erat Covid-19

    Wiku menyebut langkah terakhir ialah mengulang kembali tahap pertama. Hal itu dilakukan bila ditemukan kasus positif dari daftar kontak erat yang telah dihubungi.

    "Kepada pemerintah daerah tolong pantau data rasio kontak erat di daerah masing-masing melalui dashboard Kementerian Kesehatan," ucap dia.

    Menurut Wiku, metode penelusuran yang ideal ialah yang menyesuaikan level transmisi daerah setempat. Termasuk, siap dan tanggap menghadapi peningkatan laju penularan sewaktu-waktu.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id