Penghormatan Terakhir untuk Mr Crack

    Damar Iradat - 12 September 2019 15:22 WIB
    Penghormatan Terakhir untuk Mr Crack
    Presiden Joko Widodo memberikan penghormatan terakhir kepada Presiden ketiga Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie di TMP Kalibata, Jaksel. ANT/Akbar Nugroho Gumay.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memimpin upacara pemakaman Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie. Upacara tersebut merupakan penghormatan terakhir kepada pria yang dijuluki Mr Crack itu. 

    "Dengan penuh rasa duka cita yang mendalam, pada hari ini kita semua, seluruh rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya Presiden ketiga RI, Bapak Profesor Bacharudin Jusuf Habibie," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam upacara pemakaman Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis, 12 September 2019.

    Jokowi menyebut Habibie sebagai negarawan sejati, inspirator, ilmuwan yang meyakini tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya. Menurut Jokowi, Habibie selalu berpesan agar ilmu, iman, dan takwa, selalu seiring jalan.

    "Kita hadir ke sini untuk memberikan penghormatan terakhir kepada beliau, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa bakti beliau kepada bangsa semasa hidupnya," lanjut Jokowi. 

    Jokowi mengatakan Habibie merupakan sosok visioner sejak muda. Bapak Teknologi Indonesia itu tak hanya berpikir tentang diri sendiri tapi juga bangsa Indonesia.

    Habibie tak cuma memikirkan yang akan terjadi dalam satu atau dua tahun mendatang. Habibie, kata Jokowi, berpikir dan bekerja untuk membangun Indonesia hingga 50 sampai 100 tahun ke depan. Tangan dingin Habibie melahirkan sejumlah industri strategis Indonesia.

    "Salah satunya Pesawat Gatot Kaca mengudara pada Peringatan 50 tahun Kemerdekaan Indonesia. Sebuah sejarah yang tertanam, menginspirasi kita untuk percaya diri, untuk menjadikan Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia," ungkap dia.

    Jokowi menjamin Indonesia tak akan melupakan jasa Habibie. Pria kelahiran Parepare itu merupakan peletak fondasi demokrasi Indonesia.

    Jokowi mengajak masyarakat mengucapkan terima kasih dan memberi penghromatan yang tinggi atas darma bakti Habibie. Ia juga mengajak rakyat mendoakan Habibie agar diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah dan khusnul khatimah. 

    "Selamat jalan, Mr Crack, selamat jalan sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu: Jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan ke proses nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan dunia," tutup Jokowi.

    Habibie dimakamkan di Pusara 120 TMP Kalibata di samping makam istrinya, Hasri Ainun Habibie. Prosesi pemakaman Habibie dilakukan secara militer.

    Sejumlah pejabat negara turut hadir dalam proses pemakaman Habibie. Di antaranya Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, kemudian mantan Wakil Presiden mulai dari Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Budiono. 

    Wapres Jusuf Kalla serta sejumlah jajaran menteri kabinet kerja turut hadir dalam upacara pemakaman Habibie. Sejumlah perwakilan negara sahabat juga ikut mengantarkan Habibie ke perisitirahatan terakhir.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id