Populer Nasional, Sinergi Menurunkan Baliho Rizieq Hingga Diskriminatif Terhadap Pelanggar PSBB

    Achmad Zulfikar Fazli - 22 November 2020 07:59 WIB
    Populer Nasional, Sinergi Menurunkan Baliho Rizieq Hingga Diskriminatif Terhadap Pelanggar PSBB
    Petugas gabungan terdiri dari unsur TNI, Polri, dan satpol PP menertibkan sejumlah baliho dan spanduk-spanduk yang tidak memiliki izin di Ibu Kota. Foto: MI/Andi Widiyanto
    Jakarta: Pemberitaan seputar penurunan baliho Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab masih menarik minat pembaca Medcom.id pada Sabtu, 21 November 2020. Informasi itu menjadi salah satu yang terpopuler di kanal Nasional Medcom.id.

    Penurunan baliho yang dilakukan personel TNI itu dinilai sah. Itu merupakan bentuk sinergi dengan aparat lain.

    Masih seputar penurunan baliho Rizieq, langkah TNI itu dinilai membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menegakkan aturan.

    Di samping itu, pemberitaan seputar sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terhadap pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi masih dicari pembaca Medcom.id.

    Berikut tiga berita terpopuler di kanal Nasional Medcom.id:

    1. Penurunan Baliho Rizieq Bentuk Sinergi TNI, Polri, dan Satpol PP

    Sikap tegas Pangdam Jaya Mayor Jenderal (Mayjen) Dudung Abdurachman terhadap FPI mendapat dukungan dari banyak kalangan. Keterlibatan TNI dalam penurunan baliho pentolan FPI Rizieq Shihab dianggap bentuk sinergi dengan satuan polisi pamong praja (satpol PP).
     
    "Sah saja jika ada TNI maupun Polri mau membantu satpol PP menurunkan baliho atau melakukan penjagaan ketertiban umum lainnya. Kita kan memang sering bersinergi dengan TNI dan Polri dalam hal menjaga ketertiban umum," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya Sarana kepada Media Indonesia, Sabtu, 21 November 2020.
     
    Menurut dia, sinergi TNI, Polri, dan satpol PP di Jakarta dalam menjaga ketertiban umum sudah berjalan lama sejak era gubernur sebelum Anies Baswedan. Namun, saat ini personel satpol PP di lapangan terbatas karena harus harus mengawasi PSBB.

    Selengkapnya baca di sini

    2. Langkah TNI Menertibkan Baliho Membantu Pemerintah Menegakkan Aturan

    Langkah TNI menertibkan baliho dan spanduk di Jakarta tidak perlu dijadikan polemik. Tindakan tersebut sebagai bentuk bantuan angkatan bersenjata kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menegakkan aturan.
     
    "Apa yang dilakukan aparat TNI membantu Pemerintah Provinsi DKI melakukan penertiban spanduk dan baliho yang melanggar aturan di Ibu Kota," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) dalam keterangan tertulis, Sabtu, 21 November 2020.
     
    Politikus NasDem itu menilai tidak ada yang salah dengan langkah Kodam Jaya menertibkan baliho di Ibu Kota. Pelibatan TNI dalam membantu pemerintahan daerah diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

    "Merupakan tindakan yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku," ungkap dia.

    Selengkapnya baca di sini

    3. Anies Dinilai Diskriminatif Tindak Pelanggar PSBB

    Sikap Anies dalam menindak pelanggar PSBB transisi dinilai diskriminatif. Salah satunya soal kerumunan massa di peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Rizieq Shihab.
     
    "Terkesan Anies malah memfasilitasi (acara pernikahan anak Rizieq). Misalnya dengan penyediaan toilet," ucap Anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak lewat keterangan tertulis, Sabtu, 21 November 2020.
     
    Gilbert membandingkan perlakuan Anies dan jajarannya kepada rakyat biasa. Undangan acara pernikahan selama pandemi virus korona (covid-19) kerap dibatasi, bahkan ada yang dibubarkan.

    Selengkapnya baca di sini

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id