Jokowi: Semangat Sumpah Pemuda Harus Tetap Menyala

    Theofilus Ifan Sucipto - 28 Oktober 2020 12:56 WIB
    Jokowi: Semangat Sumpah Pemuda Harus Tetap Menyala
    Presiden Joko Widodo dalam sambutannya terkait Sumpah Pemuda di Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020. Foto: Sekretariat Kepresidenan
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menegaskan semangat Sumpah Pemuda yang dibacakan pada 28 Oktober 1928 harus terus berkobar. Spirit itu dinilai masih relevan dengan perkembangan zaman.

    “Semangat Sumpah Pemuda harus terus menyala menghadapi dunia yang berubah dengan cepat,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual peringatan Hari Sumpah Pemuda di Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020.

    Jokowi mengatakan tepat 92 tahun lalu, pemuda dari seluruh penjuru Nusantara bersatu di tengah perbedaan latar belakang. Mereka mengikrarkan diri menjadi Indonesia yang satu Tanah Air, satu bangsa, dan satu bahasa.

    Baca: 92 Tahun Sumpah Pemuda, Momentum Pertegas Identitas Indonesia

    Semangat tersebut, kata Jokowi, harus dipertahankan di tengah persaingan yang semakin sengit antarnegara dan antarindividu. Sayangnya, kompetisi itu kerap berujung pada niat saling menghancurkan sehingga timbul energi negatif.

    “Persaingan dan perbedaan tidak harus membuat kita melupakan adanya masalah bersama. Semua bisa kita selesaikan dengan cara bersatu,” ujar Kepala Negara.

     Jokowi menegaskan persatuan dan kesatuan menjadi kunci mencapai Indonesia maju. Seluruh pemuda dan elemen bangsa harus solid merawat keindonesiaan dan rasa persaudaraan.

    “Tidak ada Jawa, tidak ada Sumatra, tidak ada Sulawesi, tidak ada Papua, yang ada adalah saudara sebangsa dan setanah air,” tutur dia.

    Pemerintah berusaha menjadi teladan persatuan dengan kebijakan yang dibentuk. Salah satunya dengan membangun Indonesia secara adil dan merata dari pinggiran, desa, pulau terdepan, hingga perbatasan.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id