Enam Provinsi Belum Ambil Jatah APD

    Nur Azizah - 27 Maret 2020 11:26 WIB
    Enam Provinsi Belum Ambil Jatah APD
    Staf Operasi TNI Kolonel Infanteri Aditya Ningra Pasha. Dok. BNPB
    Jakarta: Enam provinsi belum mengambil jatah alat pelindung diri (APD). Provinsi tersebut ialah Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

    "Sudah dialokasikan, tetapi mungkin belum sempat ambil," kata Staf Operasi TNI Kolonel Infanteri Aditya Ningra Pasha dalam telekonferensi dari Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Jumat, 23 Maret 2020.

    Berdasarkan data yang diterima Medcom.id, Provinsi Riau, Jambi, dan Bengkulu masing-masing mendapat 2.000 paket APD. Begitu juga Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Selatan.

    Enam Provinsi Belum Ambil Jatah APD
    Petugas medis yang menggunakan alat pelindung diri (APD) simulasi penanganan pasien terjangkit virus korona di RS Margono Soekarjo Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Senin, 3 Februari 2020. Antara/Idhad Zakaria

    Pendistribusian menggunakan dua skema. Skema pertama, TNI akan mengirim APD bila provinsi tersebut memiliki keterbatasan transportasi atau berada di daerah perbatasan dan terdepan. Misalnya, TNI langsung mengantar APD ke Papua dan Papua Barat yang masing-masing mendapat 2.000 paket.

    "Ini dilakukan agar APD cepat tersalurkan," ujar Aditya.

    Baca: APD Didistribusikan Hingga Papua

    Skema kedua, provinsi datang langsung ke gudang gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Gugus tugas akan menyediakan alat angkut APD.

    Hingga saat ini, total APD yang sudah didistribusikan mencapai 151 ribu paket. Sedangkan jumlah stok nasional tersisa sekitar 19 ribu paket.

    Baca: Stok APD Nasional Tersisa 19 Ribu Paket



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id