Kowani Bentuk Gugus Tugas Bantu Pemerintah Atasi Covid-19

    Medcom - 22 Mei 2020 21:02 WIB
    Kowani Bentuk Gugus Tugas Bantu Pemerintah Atasi Covid-19
    Ketua Kowani Giwo Rubianto Wiyogo (kanan) saat memimpin penyerahan bantuan kepada veteran. Foto: Kowani
    Jakarta: Kongres Wanita Indonesia (Kowani) membentuk gugus tugas untuk membantu kerja-kerja pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona (covid-19). Gugus tugas ini diberi nama Panitia Solidaritas Bencana Nasional (PSBN) Covid-19.

    "Pembentukan PSBN Covid-19 sebagai upaya mempercepat pemberian bantuan untuk korban terdampak covid-19. Agar lebih tepat sasaran juga," kata Ketua Kowani Giwo Rubianto Wiyogo melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 Mei 2020.

    PSBN Covid-19 akan fokus pada program edukasi, sosialisasi, bimbingan dan konseling, bantuan langsung tunai, maupun bantuan tidak langsung. Untuk mendukung gugus tugas ini, Kowani menggandeng sejumlah BUMN, Kementerian Sosial, dan Kementerian Kesehatan.

    Lembaga penyalur bantuan juga digandeng untuk menggalang dana yang kelak disalurkan kepada korban terdampak covid-19. "Seluruh dana sepenuhnya disalurkan kepada yang berhak. Tidak ada yang digunakan untuk operasional atau transportasi," kata Giwo.

    Salah satu aksi yang sudah dilakukan adalah pemberian bantuan kepada veteran dan anak jalanan. PSBN Covid-19 juga tengah bersiap memberikan bantuan untuk panti asuhan di bawah naungan sejumlah yayasan Kowani. 

    "Penerima diseleksi ketat. By name by addres. Kami minta KTP, foto tanda tangan semua harus jelas. Karena kami ingin memberikan bantuan secara transparan," kata Giwo.

    Kerja-kerja sosial yang dilakukan Kowani tidak sebatas saat pandemi. Kowani juga aktif mengadvokasi para korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). 

    "Banyak yang kehilangan pekerjaan, kami bantu dengan ikut mencari bagaimana solusinya," ujar dia.



    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id