Muhadjir Minta Syarat Keluar Masuk Orang Lewat Bandara Diperketat

    Syarief Oebaidillah - 17 Mei 2020 04:38 WIB
    Muhadjir Minta Syarat Keluar Masuk Orang Lewat Bandara Diperketat
    Ratusan calon penumpang mengantre untuk mendapatkan pengesahan surat izin naik pesawat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis, 14 Mei 2020. (Foto: Antara/Ahmad Rusdi)
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengakui syarat-syarat orang keluar masuk lewat bandara belum ketat. Ini sempat menyebabkan penumpukan penumpang salah satunya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

    "Atas nama pemerintah saya meminta maaf, tetapi mohon dimaklumi di hari pertama itu memang kurang kondusif ," ujar Muhadjir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 16 Mei 2020.

    Muhadjir menyebut syarat keluar masuk orang terutama lewat bandara harus diperketat. Dia menyebut pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan berbahaya bila tidak diimbangi dengan pengetatan aturan.

    Ia menekankan penerbangan hanya diperbolehkan bagi calon penumpang yang memiliki tujuan esensial dan mendesak. Muhadjir mengingatkan ada delapan sektor yang diizinkan melakukan perjalanan selama PSBB.

    (Baca: Legislator Desak Pemerintah Hentikan Relaksasi PSBB di Bandara)

    "Kecuali dia ada keperluan mendesak, ada keluarga yang meninggal tapi betul-betul pergi memang untuk tujuan-tujuan yang esensial, bukan untuk mudik. Sekali lagi bukan untuk mudik. Mudik tetap dilarang. Karena itu saya minta untuk diperketat persyaratannya," tegas Menko PMK.

    Pengetatan juga perlu dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan surat keterangan palsu dari calon penumpang. Muhadjir mengusulkan surat keterangan sehat resmi dikeluarkan kepala Puskesmas.

    "Karena Puskesmas sudah online jadi kalau nanti ternyata ada penyimpangan kita akan bisa tindak kepada kepala Puskesmasnya," kata mantan Mendikbud itu.

    Kementerian Perhubungan mengizinkan penerbangan kembali beroperasi di tengah larangan mudik Lebaran 2020. Ini sempat menyebabkan penumpukan penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banteng.

    Foto penumpukan penumpang tersebar di media sosial. Mereka tidak menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) selama mengantre.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id