15 Ton Bantuan Tiba di Kupang, BNPB: Jangan Ditimbun

    Fachri Audhia Hafiez - 08 April 2021 13:59 WIB
    15 Ton Bantuan Tiba di Kupang, BNPB: Jangan Ditimbun
    Kepala BNPB Doni Monardo. Istimewa



    Jakarta: Sebanyak 15 ton bantuan untuk korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) tiba di Bandar Udara (Bandara) El Tari, Kupang. Bantuan tersebut diminta segera didistribusikan.

    "Jangan menimbun logistik di gudang, apa pun bentuknya. Kecuali jika sudah kebagian semua dan ada cadangan, maka dilihat jangan sampai ada daerah yang tidak terjangkau atau tidak terbantukan," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam keterangan tertulis, Kamis, 8 April 2021.






    BNPB mendorong bantuan tersebut dikirim ke Kabupaten Lembata dan Kabupaten Alor. Kedua wilayah di NTT itu paling terdampak bencana akibat siklon tropis Seroja.

    Doni juga meminta setiap pihak yang mengetahui daerah yang terisolasi untuk segera melaporkan ke posko. Sehingga, BNPB bisa segera melakukan penanganan.

    BNPB telah meminta bantuan TNI dan Polri untuk menembus lokasi terdampak. Seperti, fasilitas transportasi udara milik Polri yang mengangkut tim ortopedi ke Kabupaten Alor.

    Di samping itu, salah satu bentuk dukungan TNI yakni pelayanan dapur umum. TNI di bawah Kodam Udayana menggelar 28 dapur umum yang tersebar di 8 kabupaten terdampak.

    Baca: Puluhan Korban Tanah Longsor di Lama Nele Dimakamkan Massal

    Belasan wilayah di NTT terdampak bencana alam akibat siklon tropis Seroja pada Minggu, 4 April 2021. Wilayah itu terdiri atas Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Malaka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Ende, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Alor, Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kota Kupang.

    Data per Rabu, 7 April 2021 malam, sebanyak 138 orang meninggal dan 61 hilang akibat musibah itu. Kemudian 1.114 rumah rusak berat hingga ringan dan 111 fasilitas umum dinyatakan rusak.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id