Bamsoet: Dosen Terkait ISIS dan HTI, Wajib Dipecat

    Intan Yunelia - 12 Juni 2018 15:54 WIB
    Bamsoet: Dosen Terkait ISIS dan HTI, Wajib Dipecat
    Bambang Soesatyo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa, 12 Juni 2018.Medcom.id/Intan Yunela
    Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta rektor tak segan memecat dosen yang terbukti beridelologi radikal. Apalagi dosen tersebut diketahui bergabung dengan kelompok radikal, seperti Islamic State in Irak and Syria (ISIS) atau Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

    "Jika ada dosen terbukti menjadi pengikut ormas terlarang seperti ISIS atau HTI, pimpinan kampus wajib memecat dosen itu," kata Bamsoet, di Jakarta, baru-baru ini.
    Menurut politikus Partai Golkar itu, dosen wajib berwawasan nusantara dan kebangsaan. Jadi, tambah dia, perlu ada penguatan kapasitas dosen. "Selain itu, mata kuliah dosen mata kuliah agama sangat penting dalam mengisi wawasan keagamaan mahasiswa," jelas Bamsoet.

    Kualifikasi utama dosen agama di kampus adalah mereka yang berwawasan kebangsaan dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar ideologi. "Di samping tentu saja menguasasi disiplin ilmu agama," ucapnya.

    Pihak kampus pun wajib mengaktifkan dosen sebagai penggerak wawasan keindonesiaan dan kebangsaan dalam proses edukasi di kampus. "Baik dalam kelas, ruang laboratorium, perpustakaan hingga forum diskusi informal di kantin," tegas Bamsoet.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id