comscore

2 Faktor yang Membedakan Subvarian BA.4 dan BA.5 dengan Varian Lain

M Iqbal Al Machmudi - 30 Juni 2022 19:43 WIB
2 Faktor yang Membedakan Subvarian BA.4 dan BA.5 dengan Varian Lain
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Ketua Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi RSCM Erni J Nelwan menjelaskan terdapat dua faktor yang membedakan antara Omciron BA.4 dan BA.5 dengan varian lainnya. Yaitu, ketika varian ditemukan dan susunan protein dalam virus.

Setiap virus merupakan makhluk hidup yang selalu berusaha bertahan. Salah satu wujud usaha bertahannya yakni berubah-ubah, bermutasi, atau berkembang.
"Virus tersusun atas susunan protein, jadi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 merupakan susunan protein," kata Erni dalam dialog daring 'Waspada Omicron' BA.4 dan BA.5, Apa Antisipasi Kita?', Kamis, 30 Juni 2022.

Karena susunan protein yang berbeda, maka namanya pun berbeda. Jika virus itu berbeda susunan proteinnya maka akan memberikan dampak yang berbeda pada manusia mulai dari gejala, intensitas, transmisi, dan lainnya.

"Tetapi secara garis besar penularan masuk dari cara yang sama. Konsekuensinya adalah protokol kesehatan kita yang awal masih sama dan harus digunakan, sehingga tidak perlu ada cara-cara baru," ujar Erni.
 
Baca: Cegah Kenaikan Kasus Covid-19, Pemerintah Dorong Akselerasi Vaksin Booster

Banyak mutasi virus menyebabkan tingkat keparahan yang tinggi maupun kecil. Namun, ada juga mutasi virus yang membuat penyakit lebih lemah karena ketika bermutasi berbeda dari sebelumnya.

"Ganas atau tidaknya dari suatu penyakit seseorang tidak bisa tergantung dari virusnya. Seperti subvarian baru tidak seberat Delta atau Omicron," ungkapnya.

Oleh karena itu untuk menjaga daya tahan tubuh bisa mengonsumsi vitamin dan pola hidup sehat. Namun, jangan sampai tergantung dari hanya mengonsumsi vitamin, tapi harus didampingi dengan pola hidup sehat.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id