comscore

Menkominfo Sebut Transformasi Digital Memudahkan Kehidupan Manusia di Bumi

Candra Yuri Nuralam - 12 Januari 2022 06:04 WIB
Menkominfo Sebut Transformasi Digital Memudahkan Kehidupan Manusia di Bumi
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bakal mengupayakan transformasi digital di Indonesia berlangsung cepat. Transformasi digital diyakini bisa membuat kehidupan manusia di bumi menjadi lebih mudah.

"Walaupun pandemi covid-19 sendiri ada tantangan yang mencemaskan, yang menggetarkan kita semuanya. Tapi ada sisi lain dari pandemi covid-19, yaitu harapan besar akselerasi transformasi digital untuk memudahkan kehidupan manusia di muka bumi, secara khusus di Indonesia," kata Johnny melalui keterangan tertulis, Selasa, 11 Januari 2022.
Johnny mengatakan pandemi merupakan momen tepat untuk memaksimalkan transformasi digital di Indonesia. Penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang masif dapat mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Seluruh jajaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diminta bekerja maksimal untuk melangsungkan transformasi digital di Indonesia. Perkembangan transformasi digital juga diyakini bisa memperkecil disparitas digital yang selama ini terjadi di Indonesia.

"Tugas kita memungkinkan migrasinya aktivitas masyarakat dari ruang fisik ke ruang digital, memungkinkan migrasinya kegiatan masyarakat dari physical space ke digital space," ujar Johnny.

Saat ini, pemerintah juga mulai memperkenalkan transformasi digital yang telah berkembang di Indonesia. Pengenalan itu dilakukan melalui berbagai agenda nasional yang telah digelar.

"Penyelenggaraan berbagai agenda nasional maupun komunitas secara virtual maupun hibrida, perlu dimaknai sebagai bukti bahwa kita sebagai bangsa memiliki kemampuan beradaptasi dan memiliki kemampuan untuk mengatur arah baru di tengah situasi yang menantang saat ini," ujar Johnny.

Baca: Menkominfo Gabungkan 2 Operator Perkuat Industri Telekomunikasi

Johnny juga meyakini momen Natal 2021 bakal menjadi semangat baru untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Tema Natal 2021 diyakini bisa membangkitkan semangat percepatan transformasi digital di Indonesia.

Johnny juga membakar semangat itu dengan perayaan Natal di Kominfo yang dilaksanakan hari ini. Tema Natal Kominfo tahun ini berasal dari Alkitab Surat 1 Petrus Pasal 1 ayat 22.

"Surat 1 Rasul Petrus ini ditulis untuk jemaat Kristiani di Asia kecil saat itu, surat itu berisi nasihat tentang hidup praktis yang sesuai dengan iman Kristiani dan cara jemaat menghadapi cobaan dan penderitaan," kata Johnny.

Tema itu diyakini bisa membakar semangat jajaran Kominfo untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Tema itu diyakini relevan dengan kondisi Indonesia saat Kominfo harus terus menjalankan transformasi digital.

"Itulah kira-kira faktanya, tema tersebut sangat relevan tentunya dengan situasi bangsa yang otentik dengan keberagaman dan kemajemukan," ucap Johnny.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id