Rampok Bemodus COD Dibekuk di Tangerang

    Siti Yona Hukmana - 14 Februari 2020 17:38 WIB
    Rampok Bemodus COD Dibekuk di Tangerang
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Rampok dengan modus transaksi bayar di tempat atau cash on delivery (COD), Mariansyah alias Ian, 18, dan Abdul Reja Alias Reja, 20, dibekuk Polda Metro Jaya. Aksi keduanya terendus setelah merampas ponsel milik korban, Yoga, 16.

    Modus yang digunakan pelaku yakni menawar ponsel yang dijual korban melalui media sosial Facebook. Kedua pihak kemudian sepakat bertransaksi di suatu tempat.

    "Setelah korban menunjukkan HP, satu orang pelaku langsung menodong dengan celurit dan pelaku yang satu lagi merampas HP korban," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus, di Jakarta, Jumat, 14 Februari 2020.

    Menurut dia, kejahatan ini dilakukan di Jalan Baru, Akong, Desa Karet, Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, pukul 17.30 WIB, Selasa, 4 Februari 2020. Korban langsung melapor ke polisi yang teregistrasi dengan nomor: LP.B/21/II/2020/PMJ/Restro Tng Kota/Sek Btc.

    "Tim mengamankan pelaku atas nama Reja di Desa Sarakan, Rajeg, Tangerang tepatnya di depan warung Madura dini hari tadi," ujar Yusri.  

    Polisi, kata dia, langsung menginterogasi Reja. Berbekal keterangan Reja, polisi memburu tersangka Ian ke kontrakan di belakang warung Madura.

    "Pada saat tim mendekat kekontrakan pelaku Ian melarikan diri ke sawah. Tim bersama masyarakat melakukan pengejaran dan Ian berhasil diamankan," ungkap Yusri.

    Dari penangkapan kedua tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti. Benda ini meliputi celurit dan sepeda motor yang digunakan saat beraksi.

    "Kedua pelaku mengakui sudah melakukan kejahatan dengan modus COD sebanyak 25 kali di wilayah Sepatan, Jatiuwung, Rajeg, Pasar Kemis, Mauk, dan Paku Haji," beber Yusri. 

    Pelaku mengaku barang hasil kejahatan dijual kepada penadah, Ahmad Junaedi alias Maco, 26. Ahmad kemudian ditangkap di Kampung Ilan, Desa Pagedagan, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. 

    Rampok Bemodus COD Dibekuk di Tangerang
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

    "Ahmad mengaku membeli ponsel Xiaomi milik korban dari tersangka Reja seharga Rp550 ribu," kata Yusri.

    Setelah pemeriksaan, polisi bersama tersangka Reja sempat mengecek ke tempat kejadian perkara (TKP) di Kosambi, Sarakan, Cadas, dan Akong. Saat itu, pelaku berusaha merebut senjata petugas.

    Tangan pelaku ditepis petugas. Namun, Reja malah menarik baju bagian bahu kiri polisi. Petugas memberikan tembakan peringatan sebanyak dua kali, tetapi Reja masih menarik baju anggota. 

    "Akhirnya anggota tersebut melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku Reja dan mengenai betis sebelah kanan," pungkas Yusri.

    Para tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP dan Pasal 480 KUHP. Mereka terancam maksimal sembilan tahun penjara.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id