20% PDP Positif Covid-19

    Theofilus Ifan Sucipto - 08 Juli 2020 12:12 WIB
    20% PDP Positif Covid-19
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) menjadi orang terjangkit virus korona (covid-19) diklaim relatif rendah. Angkanya berkisar antara 16-20 persen.

    “Ketika PDP diperiksa, yang positif maksimal jumlahnya hanya 20 persen,” kata Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu, 8 Juli 2020.

    Dewi menjelaskan banyak masyarakat menjadi PDP dan orang dalam pemantauan (ODP) karena mengalami gejala covid-19. Namun, adapula PDP dan ODP kadung meninggal sebelum dites.

    Musababnya, jumlah laboratorium saat awal covid-19 merebak di Indonesia belum sebanyak sekarang. Selama proses itu, ada PDP atau ODP yang sudah dites namun menunggu hasil laboratorium. Adapula PDP dan ODP yang belum sempat diperiksa atau langsung berinisiatif mengisolasi diri.

    (Baca: Zona Hijau Bukan Berarti 100% Bebas Covid-19)

    Dewi menerangkan kematian di fase ini tidak melulu akibat covid-19. Ada kemungkinan status positif covid-19 tidak terkonfirmasi.

    “Tidak bisa langsung serta merta begitu (disebut meninggal karena covid-19) karena bisa jadi tidak ada yang mengonfirmasi positif atau tidak,” ujar dia.

    Dewi mengklaim data kematian yang dipublikasi benar-benar akibat positif covid-19. Dia menjelaskan sumber data covid-19 berasal dari laboratorium dan rumah sakit di Indonesia yang diverifikasi oleh Kementerian Kesehatan.

    “Kita dapat percaya diri bilang dengan akurasi sangat tinggi mereka meninggal dalam kondisi covid-19,” tutur Dewi.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id