comscore

Jokowi Tak Ingin Indonesia Ditekan Terkait Isu Energi Fosil

Dhika Kusuma Winata - 20 November 2021 13:55 WIB
Jokowi Tak Ingin Indonesia Ditekan Terkait Isu Energi Fosil
Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin Indonesia mendapat tekanan terkait isu energi fosil. Presiden menegaskan transisi ke energi hijau menjadi keharusan lantaran di tingkat global energi fosil akan disetop.

"Karena akan ditekan kita, jangan berinvestasi di Indonesia karena masih gunakan fosil. Jangan beri bantuan ke Indonesia karena masih menggunakan fosil. Ini yang harus harus kita antisipasi," ucap Jokowi dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Sabtu, 20 November 2021.

 



Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan kepada Dewan Komisaris dan Direksi PT Pertamina dan PT PLN di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 16 November 2021. Video pengarahan itu dirilis Sekretariat Presiden hari ini, Sabtu, 20 November 2021.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta meminta dua perusahaan pelat merah tersebut segera menyiapkan desain besar transisi ke energi hijau. Ia menuturkan tren global ke depan akan meninggalkan energi fosil.

Hal itu juga mengemuka dalam pertemuan KTT G20 dan COP26 beberapa waktu lalu. Bisnis Pertamina dan PLN saat ini masih mengandalkan energi fosil.

Baca: Jokowi Ingin Pertamina dan PLN Lapor Bila Butuh Dukungan Politis

"Penggunaan mineral fosil itu pada suatu titik akan disetop. Padahal kondisinya PLN misalnya penggunaan batu baranya masih sangat besar sekali. Pertamina posisinya juga pada bisnis minyak dan gas yang mau tidak mau itu juga akan terkena imbasnya kalau ke depan semuanya mengarah ke mobil listrik," ungkapnya.

Jokowi mengatakan memang ada kesenjangan dalam hal pendanaan terkait transisi energi. Pasalnya, energi baru dan terbarukan masih tergolong mahal sehingga membutuhkan investasi besar. Persoalan itu juga disampaikan Jokowi dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada KTT Perubahan Iklim COP26.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id