DKI Berencana Tambah Satgas Karhutla

    Theofilus Ifan Sucipto - 27 September 2019 06:00 WIB
    DKI Berencana Tambah Satgas Karhutla
    Kebakaran lahan gambut. Foto:ANT/Wahdi Septiawan
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah personel satuan tugas (satgas) penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Satgas itu rencananya difokuskan ke Kalimantan Tengah.

    "Sedang kita siapkan kemungkinan 15 sampai 20 (personel)," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis 26 September 2019.

    Subejo mengungkapkan satgas itu nantinya bakal bertugas menyiapkan sekolah dan rumah oksigen. Hal itu diharapkan membantu aktivitas masyarakat setempat.

    Sementara itu, satgas yang telah dikirim ke Jambi masih fokus memadamkan api. Subejo menyebut masa kerja satgas bisa diperpanjang jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi arahan. 

    "Akhir bulan (September) dievaluasi. Kalau bisa balik (ke Jakarta), ya balik," ucapnya.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Karhutla diterjunkan ke Riau. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan 65 petugas gabungan dari unsur pemerintah dan masyarakat yang dikirim diminta tidak memandang tugas ini sebagai pengorbanan.

    Relawan diminta fokus membantu penanganan karhutla. "Terima tanggung jawab sebagai kehormatan, mendapat kehormatan mewakili Ibu Kota memadamkan api, menyelamatkan anak-anak, orang tua dari asap," kata Anies di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 17

    Satgas bertugas di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ia mengingatkan tim menjaga kesehatan selama bertugas, mengingat kondisi udara di lokasi karhutla membahayakan kesehatan. 




    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id