Perusahaan Diimbau Terapkan Sistem Kerja Online

    Cindy - 16 Maret 2020 13:12 WIB
    Perusahaan Diimbau Terapkan Sistem Kerja <i>Online</i>
    Ilustrasi. (MI/Depi Gunawan)
    Jakarta: Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta mengimbau seluruh perusahaan di Ibu Kota menerapkan sistem bekerja dari rumah (work from home). Imbauan itu dikeluarkan melalui surat edaran untuk mengantisipasi penyebaran virus korona (covid-19).

    "Iya (sifatnya imbauan untuk perusahaan). Kita sampaikan melalui Apindo dan asosiasi-asosiasi (perusahaan). Mereka akan teruskan ke masing-masing perusahaan di bawah asosiasinya," kata Kepala Disnakertrans DKI Jakarta Andri Yansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.

    Surat edaran tersebut bernomor 14/SE/2020 tentang Imbauan Bekerja di Rumah. Beberapa poin yang tertuang di dalam surat edaran tersebut, antara lain para pimpinan perusahaan diimbau mengambil langkah-langkah pencegahan terkait risiko penularan infeksi covid-19 dengan bekerja di rumah.

    Baca: Pemerintah Diminta Perjelas Status Social Distancing

    Langkah pencegahan yang dapat dilakukan perusahaan berupa menghentikan kegiatan usaha sementara waktu atau mengurangi sebagian kegiatan usaha baik karyawan, waktu, dan fasilitas operasional sementara.

    Perusahaan yang tak dapat menghentikan kegiatan usaha harus menyiapkan fasilitas kesehatan, kebutuhan, pokok dan bahan bakar minyak (BBM).

    Andri mengatakan perusahaan harus melibatkan para pekerja atau buruh hingga serikat pekerja dalam mengambil kebijakan ini. Perusahaan yang telah mengambil kebijakan diharapkan melapor ke Disnakertrans.

    "Melaporkan langkah kebijakan yang diambil kepada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi dan Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi di (lima) wilayah kota Administrasi DKI Jakarta dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu," kata Andri.  



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id