Warga Diingatkan Memperhatikan Jarak saat Salat Berjemaah

    Kautsar Widya Prabowo - 20 Maret 2020 10:18 WIB
    Warga Diingatkan Memperhatikan Jarak saat Salat Berjemaah
    Ilustrasi. Foto: Medcom/Surya Perkasa
    Jakarta: Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar mengimbau umat muslim menggelar salat lima waktu di kediaman masing-masing. Jika ingin tetap melaksanakan secara berjemah agar memperhatikan jarak ideal sesama jemaah.

    "Kita perlu memperhatikan imbauan rasional jarak antara orang satu dengan orang lainnya, dua meter, kami Masjid Istiqlal melakukan itu," kata Nasaruddin dalam konferensi pers di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Jumat, 20 Maret 2020.

    Nasaruddin menuturkan jaga jarak sosial (social distancing) efektif menjaga diri dari penyebaran virus korona (covid-19). Virus berbahaya itu mudah menular melalui cairan dari bersin atau batuk seseorang yang terpapar. 

    "Kata medis sekali batuk dan bersin dalam tempo dua menit itu akan terjangkit radius yang cukup luas," jelasnya.

    Baca: MUI Imbau Salat Jumat Diganti Salat Zuhur di Rumah

    Nasaruddin mengimbau umat muslim laki-laki yang tidak melakukan salat Jumat, menggantinya dengan salat zuhur dan memperbanyak ibadah sunah. Nabi Muhammad, kata dia, menjadikan Jumat sebagai hari yang istimewa.  

    "Masing-masing salat sunah, berdoa. Insyaallah mengerti dan mengetahui kondisi kita," kata Nasaruddin.

    Nasaruddin juga mengumumkan Masjid Istiqlal Jakarta meniadakan salat jumat selama dua pekan. Ada sejumlah alasan tidak menggelar salat Jumat. Salah satunya, kata dia, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengganti salat Jumat dengan salat zuhur.

    Kondisi wabah covid-19 yang memprihatinkan di Iran, Korea Selatan, dan Italia juga jadi pertimbangan. Ia tidak ingin Indonesia mengalami kondisi serupa.
     
    Nasaruddin juga meminta umat muslim di seluruh Indonesia menggelar salat lima waktu di rumah masing-masing. "Menunda pertemuan, serta melaksanakan salat subuh, zuhur, ashar, magrib, isya di rumah," kata dia.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id