Jokowi Bergeming Dianggap Berlebihan Antisipasi Penyebaran Korona

    Nur Azizah - 05 Februari 2020 19:19 WIB
    Jokowi Bergeming Dianggap Berlebihan Antisipasi Penyebaran Korona
    Presiden Joko Widodo. Foto: Medco.id/Nur Azizah
    Jakarta: Presiden Joko Widodo bergeming kebijakan pemerintah mengantisipasi penyebaran virus korona dianggap berlebihan oleh Tiongkok. Salah satunya penghentian layanan penerbangan dari dan ke Tiongkok yang diterapkan mulai hari ini. 

    "Ya apapun, saya sampaikan bahwa kepentingan nasional kita tetap nomor satu," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Februari 2020.

    Selain itu, Indonesia juga melarang  jual beli satwa hidup dari dan ke Tiongkok. Ini untuk mengantisipasi merebaknya virus korona ke Indonesia ditularkan dari hewan.

    "Pelarangan terhadap jenis komoditas tertentu itu hanya untuk life animal atau hewan hidup. Tidak disebutkan untuk yang lain," kata Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman. 

    Di sisi lain, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia belum perlu menghentikan komoditas impor pertanian seperti bawang putih dari Tiongkok. Pasalnya, komoditas pangan belum terkonfirmasi sebagai medium penularan virus korona.

    "Yang bilang setop siapa? Penularan virus itu dari manusia bukan dari barang," kata Airlangga ditemui di di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

    Menurutnya, virus korona tak bisa ditularkan lewat benda mati seperti bawang. Sebab, kasus penularan virus corona 2019 nCoV tercatat masih dari manusia ke manusia.

    "Bawang bukan virus," ungkap dia.

    Ketua Umum Golkar itupun belum mengkaji lebih jauh dampak penyebaran korona terhadap perekonomian Indonesia. Saat ini 26 negara tercatat sudah terjangkit wabah yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

    "Kita kaji dulu karena masih terlalu pagi," pungkasnya.





    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id