comscore

Cuaca Panas Mei hingga 1.527 Bencana Melanda Indonesia

M Sholahadhin Azhar - 17 Mei 2022 06:00 WIB
Cuaca Panas Mei hingga 1.527 Bencana Melanda Indonesia
Ilustrasi cuaca panas/AFP
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan cuaca panas terjadi sepanjang Mei 2022. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meningkatkan kewaspadaan munculnya kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah.
 
Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Basar Manullang mengatakan pemantauan karhutla dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, dia menyebut ada beberapa wilayah priortias karhutla karena memiliki gambut yang dalam seperti wilayah Sumatra yakni Riau, Sumatra Selatan, Jambi, Sumatra Utara dan Kalimantan. 

"Pada musim kemarau atau dengan kondisi jarang terjadi hujan maka wilayah-wilayah yang memiliki kawasan gambut ini akan menjadi perhatian bersama untuk langkah antisipasi," kata Basar saat dikonfirmasi, Senin, 16 Mei 2022.
Baca: Cuaca Panas Sepanjang Mei, KLHK Tingkatkan Antisipasi Karhutla

Pemberitaan terkait cuaca panas banyak dibaca sobat Medcom.id pada Senin, 16 Mei 2022. Selain itu, sobat Medcom.id juga mengakses informasi terkait pasien covid-19 di Wisma Atlet.

Sebanyak delapan orang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta pada Senin, 16 Mei 2022. Seluruh pasien rawat inap menempati Tower 5, 6, dan 7.
 
"Jumlah itu bertambah empat dari kemarin," kata pegawai harian lepas (PHL) penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Septiono Prayogo (Yoga) dalam keterangan tertulis, Senin, 16 Mei 2022.

Berita lainnya yang paling banyak dibaca yakni 1.527 bencana melanda Indonesia hingga Mei 2022. Bencana tersebut terjadi dalam kurun waktu Januari-Mei dan didominasi bencana hidrometeorologi seperti banjir.

Bencana terbanyak, yakni banjir dengan 600 kejadian, cuaca ekstrem 557 kejadian, dan tanah longsor dengan 281 kejadian. Kemudian, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 70 kejadian serta gempa bumi dengan 10 kejadian.

Pemberitaan terkait cuaca panas, pasien covid-19, dan bencana banjir terus diperbarui. Simak Selengkapnya hanya di Medcom.id.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id