Pemerintah Ingatkan Klaster Baru Covid-19 saat Demonstrasi

    Nur Azizah - 13 Oktober 2020 01:36 WIB
    Pemerintah Ingatkan Klaster Baru Covid-19 saat Demonstrasi
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Medcom.id/Ilham Wibowo
    Jakarta: Pemerintah mengingatkan masyarakat yang berunjuk rasa selalu memperhatikan protokol kesehatan. Demonstrasi berpotensi menimbulkan klaster baru covid-19 (korona).

    "Arahan Presiden (Joko Widodo), kita perlu ingatkan kepada masyarakat, sekarang masih dalam situasi pandemi sehingga kegiatan unjuk rasa jangan sampai membawa klaster baru," ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas, Senin, 12 Oktober 2020.

    Airlangga menyebut massa demo menolak Undang-Undang Cipta Kerja yang dinyatakan positif covid-19 langsung dibawa ke rumah sakit rujukan yang tersebar di berbagai daerah. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu mengingatkan masyarakat tidak berkerumun.

    "Klaster demo sekali lagi, kami sangat prihatin, apabila upaya-upaya untuk menghindari kerumunan tidak dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh," tutur dia.

    Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo prihatin potensi merebaknya klaster demonstrasi. Doni mengaku kecewa massa tidak mengindahkan protokol kesehatan saat menyuarakan aspirasi.

    "Ini akan berbahaya jika penularan terjadi saat unjuk rasa. Kemudian mereka menulari anggota keluarga di rumah. Akhirnya memunculkan klaster baru lagi di lingkungan keluarga," ucap Doni.

    Sebanyak 14 orang dari 1.192 peserta aksi demo yang ditangkap polisi di Jakarta dinyatakan positif covid-19. Sebesar 60 persen dari mereka berusia di bawah 19 tahun dan 50 persen lainnya bukan warga Jakarta. Beberapa di antaranya dibawa ke Wisma Atlet untuk menjalani isolasi mandiri.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id