Tenaga Kesehatan Baru Dibekali Pelatihan Penanganan Covid-19

    Cindy - 22 Januari 2021 15:22 WIB
    Tenaga Kesehatan Baru Dibekali Pelatihan Penanganan Covid-19
    Ilustrasi tenaga medis penanganan covid-19. Antara/Ndee



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan pelatihan penanganan covid-19 bagi tenaga kesehatan yang belum memiliki surat tanda registrasi (STR) dan izin praktik. Pelatihan ini guna memenuhi kebutuhan tenaga medis penanganan pasien covid-19.

    "Pada saat kita merekrut tenaga kesehatan baru lulus yang belum memiliki STR dan izin praktik, kita harus lakukan pelatihan capacity building," kata Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Abdul Kadir, dalam diskusi Kemenkominfo secara daring, Jumat, 22 Januari 2021.






    Tenaga kesehatan baru itu diberi pengetahuan terkait penularan covid-19, pencegahan dan penanggulangan infeksi, penggunaan alat pelindung diri (APD), hingga cara menjaga kesehatan selama pandemi covid-19. Pelatihan juga menyangkut praktik penanganan pasien di lapangan.

    "Mereka tidak dibiarkan bekerja sendiri, tapi dilakukan pendampingan senior dan supervisi dokter-dokter di lapangan. Sehingga, kita yakin mereka punya kapasitas pelayanan pasien covid-19," ujar dia.

    Dia meyakini pihak rumah sakit rujukan covid-19 memiliki manajemen sumber daya manusia (SDM) yang baik. Tenaga kesehatan senior akan ditempatkan di ruang perawatan ICU. Sementara itu, tenaga kesehatan junior ditempatkan di ruang perawatan biasa.

    "Kita jamin mutu pelayanan dan safety pasien tetap menjadi prioritas," ucap Abdul.

    Baca: Menkes Ringankan Syarat Bekerja Tenaga Kesehatan Selama Pandemi

    Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengizinkan perawat yang belum memiliki surat tanda registrasi (STR) untuk bekerja. Kebijakan ini untuk mengatasi kekurangan tenaga kesehatan di rumah sakit pada berbagai wilayah selama pandemi.

    STR itu menjadi bukti tertulis yang diberikan pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Pemilik STR dapat memberikan pelayanan kesehatan. Surat itu berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id