Mudik Dilarang, Hanya Kendaraan-kendaraan Ini yang Bebas Bepergian

    Adri Prima - 09 April 2021 11:35 WIB
    Mudik Dilarang, Hanya Kendaraan-kendaraan Ini yang Bebas Bepergian
    Ilustrasi mudik. medcom.id



    Jakarta: Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021. Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Aturan ini berlaku untuk semua moda transportasi baik darat, laut, udara, hingga kereta api. 

    Meski begitu, ada beberapa kendaraan yang diperbolehkan melintas antarkota selama pelarangan mudik mulai 6 hingga 17 Mei 2021. Kendaraan itu adalah kendaraan pimpinan lembaga negara Indonesia, kendaraan dinas operasional berpelat dinas TNI-Polri, kendaran dinas perjalanan petugas jalan tol, kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah. 






    Selain itu, pengecualian juga berlaku untuk kendaraan pengangkut kebutuhan pokok, kendaraan pengangkut alat kesehatan, hingga kendaraan pengangkut petugas. 

    Alasan pemerintah melarang mudik

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut setidaknya ada lima hal yang menjadi latar belakang pemerintah mengeluarkan larangan mudik bagi masyarakat di Lebaran 2021. Menekan lonjakan konfirmasi covid-19 menjadi poin utama pertimbangan pemerintah.

    "Sesuai arahan Pak Presiden (Joko Widodo), kita harus melihat apa yang terjadi di 2020 lalu, ada beberapa hal yang menyebabkan kami melarang mudik," ujar dia dalam keterangan pers beberapa waktu lalu.  

    Ia menjelaskan, pemerintah melihat fenomena yang terjadi saat periode libur Natal dan Tahun Baru. Saat itu tak ada larangan mudik. Pada akhirnya, usai masa libur Natal dan Tahun Baru kasus COVID-19 pun melonjak drastis.

    Alasan lainnya, berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, covid-19 sangat berisiko bagi lansia, sebab bisa mengakibatkan gejala serius. Bila diperbolehkan, mudik berpotensi meningkatkan penularan covid-19 pada lansia. Selain itu, pemerintah juga melarang mudik dengan mempertimbangkan adanya tren peningkatan kasus yang masih terjadi secara global.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id