TNI-Polri Dinilai Wajib Menjabat Struktur Bidang Kedaruratan di BNPB

    Anggi Tondi Martaon - 08 April 2021 10:32 WIB
    TNI-Polri Dinilai Wajib Menjabat Struktur Bidang Kedaruratan di BNPB
    TNI-Polri gelar pelatihan mantapkan kemanunggalan anggota. Istimewa.



    Jakarta: Peran TNI dan Polri dinilai sangat dibutuhkan di struktur Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ini harus diwujudkan dalam revisi Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

    "UU Penanggulangan Bencana memang perlu direvisi untuk memperkuat posisi BNPB dengan dimasukkannya unsur TNI dan Polri menduduki jabatan bidang kedaruratan di BNPB. Ini urgen," kata Ketua Komite II DPD Yorrys Raweyai dalam keterangan tertulis, Kamis, 8 April 2021.






    Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua itu menyebut pejabat eselon satu dan dua di BNPB tidak ada dari unsur TNI-Polri aktif. Sebab, kata dia, regulasi sebelumnya tidak memungkinkan untuk mengatur struktur jabatan di BNPB.

    "Tetapi, dengan kesempatan revisi ini, menurut saya mutlak harus dibuka kemungkinan aparat TNI-Polri aktif menduduki jabatan eselon I dan II bidang kedaruratan di BNPB," kata dia.

    Dia menilai keberadaan anggota TNI dan Polri aktif dalam struktur kepengurusan perlu dilakukan untuk meringankan kerja Kepala BNPB ke depan. Sehingga, semua langkah penanggulangan bencana tidak hanya dipikul pimpinan.

    "Saya kasihan melihat Pak Doni (Kepala BNPB Doni Monardo)," kata dia.

    Baca: BNPB Minta Siskamling Digencarkan untuk Mengantisipasi Bencana Dini Hari

    Di sisi lain, dia mengapresiasi kesigapan Doni dalam mengoordinasi penanggulangan bencana. Termasuk, melibatkan unsur TNI/Polri dalam proses tanggap darurat.

    Menurut Yorrys, tanpa dukungan TNI-Polri derita korban bencana akan lebih parah. Dia menilai dalam banyak kasus bencana terbukti TNI-Polri berhasil menerobos medan-medan sulit. Bahkan menjadi penolong pertama di daerah yang terisolasi.

    "Saya melihat dengan mata kepala sendiri kehandalan para prajurit TNI dan anggota Polri dalam bahu-membahu bersama elemen lain mengatasi bencana utamanya pada fase tanggap darurat," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id