Pendidikan Diharapkan Kikis Rasisme dan Diskriminasi

    Anggi Tondi Martaon - 05 Mei 2021 23:26 WIB
    Pendidikan Diharapkan Kikis Rasisme dan Diskriminasi
    Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tangkapan layar.



    Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolgi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim diminta menerapkan pendidikan sesuai Pancasila. Contohnya sila ketiga yang mengedepankan persatuan di Indonesia.

    "Jadi jangan ada lagi tuh rasisme dan diskriminasi di sekolah," kata komedian Kiki Saputri dalam diskusi peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) bersama Mendikbud Ristek Nadiem Makarim secara virtual, Rabu, 5 Mei 2021.

     



    Dalam acara yang digagas PDIP itu, Kiki menyebut pendidikan harus mewakili Pancasila, sehingga berkontribusi membesarkan bangsa. Sumber daya manusia (SDM) harus menyerap nilai kemanusiaan sesuai sila kedua Pancasila.

    "Membangkitkan rasa kemanusiaan kepada pelajar. Sehingga kita ini bisa jadi generasi yang beradab," kata dia.

    Sebagai mantan guru, Kiki juga berharap pada Menteri Nadiem untuk benar-benar memperhatikan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya nasib guru. Harapan itu lantaran Kiki pernah menjadi honorer dengan upah Rp600 ribu.

    Baca: Nadiem: Kualitas PJJ Terus Menurun

    "Sebulan digaji cuma Rp 600 ribu, jadi guru honorer di Jakarta, enggak usah omongin yang di pelosok. Sehari 20 ribu. Ayam geprek saja 25 ribu. Sedih di Jakarta," kata Kiki. 

    Dia prihatin kepada koleganya yang berprofesi guru. Apalagi saat pandemi seperti saat ini. Kiki menyemangati mereka supaya tetap berjuang, sebab pendidikan harus mendapatkan tempat di baris terdepan.

    Kiki mencontohkan tokoh yang mengutamakan pendidikan. Salah satunya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

    "Saat jadi kepala negara, beliau implementasikan dan putuskan UU pendidikan, soal anggaran pendidikan 20 persen dari APBN," kata Kiki.

    Selain Nadiem, Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng, Inisiator Bukit Algoritma Budiman Sudjatmiko, dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, hadir dalam acara tersebut.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id