Sandera Abu Sayyaf Dipulangkan

    Whisnu Mardiansyah - 16 Januari 2019 12:35 WIB
    Sandera Abu Sayyaf Dipulangkan
    Terorisme. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal
    Jakarta: Kementerian Luar Negeri menyampaikan Samsul Saguni, warga Indonesia yang disandera kelompok militan Abu Sayyaf, dalam proses pemulangan. Samsul Saguni dibebaskan kemarin sore. 

    Samsul masih berada di Pangkalan Militer Westmincom di Jolo, Filipina Selatan, untuk menjalani serangkaian tes kesehatan. Setelah itu, dia diterbangkan ke Zamboanga City untuk diserahterimakan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manilla.

    "Setelah diserahterimakan secara resmi kepada KBRI Manila, Samsul Saguni akan diproses pemulangannya ke Indonesia," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal di Kompleks Senayan, Jakarta, 16 Januari 2019. 

    Samsul diculik kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina Selatan pada 11 September 2018. Di awal 2019, Usman Yunus, warga Indonesia, sudah lebih dulu bebas 7 Januari lalu. 

    "Sejak tahun 2016, sebanyak 36 WNI disandera di Filipina Selatan, 34 di antaranya sudah bebas, 2 WNI lainnya masih dalam upaya pembebasan," jelas dia. 

    Baca: Sempat Beredar Video Disandera, WNI di Filipina Dikabarkan Bebas

    Menurut media-media di Filipina, Samsul diculik dari perairan Semporna Saat ini Samsul sudah diserahkan kepada pihak berwenang Filipina pada Selasa, 15 Januari 2019, pukul 16.30 waktu setempat.

    Seperti dilansir The Star, Rabu, 16 Januari 2019, belum diketahui apakah ada uang tebusan yang dibayarkan untuk kebebasan Samsul. Pihak berwenang masih belum memberikan informasi.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id