Perekam Suara Kokpit Lion Air Ditemukan

    Dian Ihsan Siregar - 14 Januari 2019 11:08 WIB
    Perekam Suara Kokpit Lion Air Ditemukan
    Petugas gabungan memindahkan puing-puing pesawat Lion Air JT 610 ke dalam truk KNKT di dermaga JICT 2,Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat ditemukan. Alat itu telah diamankan tim gabungan dari Komando Armada (Koarmada) I.

    "CVR telah ditemukan tadi pagi pukul 08.48 WIB," kata Komanda Komando Pasukan Katak (KopaskaI) Koarmabar Kolonel Johan Wahyudi kepada Metro TV, Snein, 14 Januari 2019.

    Menurut dia, alat itu ditemukan di titik jatuhnya pesawat. Namun, CVR tak berada di dasar laut, melainkan terbenam di kedalaman 8 meter. 

    Johan menerangkan pencarian CVR telah dilakukan sejak Rabu, 9 Januari 2019. Namun, pencarian yang melibatkan sekitar 70 personel itu memang tak diekspos ke media. 

    "Di hari keenam ini sudah terkonfirmasi. Posisinya (CVR) kini di Pondok Dayung," ungkap dia.

    Baca: Boeing Digugat Keluarga Penumpang Lion Air PK-LQP

    Rencananya, CVR akan dibawa ke Dermaga Jakarta International Container Terminal. Alat perekam suara kokpit pesawat itu segera diserahkan kepada otoritas berwenang.

    Pesawat Lion Air JT 610 bernomor registrasi PK-LQP rute Jakarta-Pangkalpinang yang membawa total 181 penumpang dan delapan awak jatuh di perairan Karawang, Senin, 29 Oktober 2018. Sebanyak 125 jenazah korban berhasil diidentifikasi hingga Basarnas menghentikan pencarian korban pada 10 November 2018. 






    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id